Waspada! Hipotermia Adalah Penurunan Suhu Dalam Tubuh Yang Berbahaya 1

Waspada! Hipotermia Adalah Penurunan Suhu Dalam Tubuh Yang Berbahaya

23

Mengenal Hipotermia, Penyebab dan Gejala Penurunan Suhu Dalam Tubuh Akibat Kedinginan

Apa itu hipotermia?

hipotermia adalah penurunan suhu dalam tubuh
hipotermia adalah penurunan suhu dalam tubuh yang mematikan, kenali gejalanya

Merujuk pada wikipedia, Hipotermia adalah suatu kondisi darurat medis di mana tubuh tidak sanggup mengembalikan suhu panas tubuh karena suhunya terlalu cepat turun. Hipotermia juga dapat didefinisikan sebagai suhu bagian dalam tubuh dimana kondisi ini membuat suhu tubuh seseorang mencapai suhu yang sangat rendah yaitu di bawah 35°C. Ketika suhu tubuh terus turun terlalu rendah, jantung, sistem saraf, dan organ tubuh lain tidak dapat bekerja secara optimal. Jika tidak segera ditolong, orang yang terkena hipotermia bisa menyebabkan kegagalan total pada fungsi jantung dan sistem pernapasan dan akhirnya mengarah pada kematian. Baca juga : Kanker serviks, peringkat teratas penyebab kematian wanita.

Penyebab Hipotermia

Penyebab gejala Hipotermia dapat disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit. Termasuk paparan dingin atau aktivitas fisik yang ekstrem. Penyebab umum hipotermia adalah cuaca atau air yang sangat dingin. Namun, bukan hanya cuaca atau air yang terlalu dingin saja penyebabnya. Selain cuaca dan air yang sangat dingin, terlalu lama berada dalam lingkungan atau ruangan apapun jika suhunya lebih dingin daripada suhu tubuh seseorang juga menjadi salah satu penyebabnya. Khususnya apabila berada ditempat yang sangat dingin dan tidak mengenakan pakaian yang bisa menghangatkan tubuh, atau ketika tidak bisa mengatur suhu di ruangan tersebut.

Bagaimana hipotermia bisa terjadi?

Temperatur atau suhu tubuh kita dikendalikan di bagian otak yang disebut hipotalamus. Hipotalamus bertanggung jawab untuk mengenali perubahan suhu tubuh dan meresponnya secara tepat. Tubuh menghasilkan panas dari proses metabolisme di dalam sel yang mendukung fungsi vital tubuh.

Jika kondisi lingkungan atau ruangan semakin dingin, tubuh secara otomatis akan membutuhkan panas. Hipotalamus akan mengenali perubahan suhu ini. Biasanya tubuh akan merespon dengan gerakan menggigil, hal ini adalah respon perlindungan tubuh untuk menghasilkan suhu panas melalui aktivitas otot.

Secara normal aktivitas jantung dan hati menghasilkan suhu panas untuk tubuh. Selama tubuh berada dalam kondisi lingkungan atau ruangan yang dingin. Organ ini akan berkurang dalam menghasilkan suhu panas untuk tubuh. Hal ini menyebabkan perlindungan untuk menjaga suhu panas tubuh dan otak berkurang atau bahkan terhenti. Suhu tubuh yang rendah bisa memperlambat aktivitas otak, pernapasan, dan detak jantung. Hal ini yang menyebabkan hipotermia dikategorikan sebagai kondisi medis berbahaya jika tidak segera ditangani.

Kondisi yang memungkinkan kita mengalami hipotermia?

Jika Anda tidak memiliki rencana mendaki gunung himalaya yang terkenal tinggi dan dingin, bukan berarti Anda tidak mungkin mengalami hipotermia. Hipotermia lebih sering menyerang orang yang tinggal di negara-negara yang memiliki 4 musim. Namun, bukan berarti kita yang tinggal di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia yang memiliki 2 musim tidak akan terkena hipotermia. Ada kemungkinan kita yang tinggal di Indonesia juga bisa mengalami hal ini. Berikut kondisi yang bisa menyebabkan hipotermia. Baca juga : Manfaat daun sisak untuk kesehatan tubuh

Pada kondisi dingin pakaian yang digunakan kurang bisa menghangatkan tubuh.
Terlalu lama berada di luar rumah pada saat cuaca sangat dingin atau sedang hujan lebat.
Saat kondisi kedinginan tidak segera pindah tempat atau tidak segera berganti baju saat kebasahan entah itu kehujanan atau faktor lain.
Suhu dalam ruangan tidak cukup hangat, terutama bagi orang tua dan anak bayi.
AC disetel terlalu dingin.

Contoh Kasus Hipotermia (VIDEO)

Contoh kasus orang yang mengalami hipotermia di negara Indonesia misalnya seperti yang terjadi di wilayah gunung cermai beberapa waktu lalu saat serombongan pendaki gunung sedang mendaki puncak gunung cermai, majalengka, jawa barat. Dalam rombongan pendaki gunung tersebut salah satunya mengalami gejala hipotermia. Dimana seorang wanita mengalami hipotermia dan ditolong oleh rekan-rekannya. Berikut ini kondisi apabila seseorang mengalami hipotermia akibat kedinginan. Silahkan tonton videonya dibawah ini;

https://www.facebook.com/masakanibuibu/videos/855213638145887/
Salah satu kasus hipotermia dimana seorang wanita pendaki gunung mengalaminya

Jika saja wanita yang mengalami hipotermia ini tidak segera ditolong, bisa saja sang wanita yang tadi ingin naik ke puncak gunung cermai, majalengka ini kehilangan nyawanya.

Perawatan / Penanganan

Dalam kondisi jika seseorang sedang mengalami gejala hipotermia, langkah awal sebagai pertolongan pertama sebagai perawatan mandiri adalah dengan mengganti pakaian apabila pakaian yang dikenakan basah, menyelimuti tubuh dengan kain hangat seperti mantel dll, memberikan minum minuman hangat, dan yang terakhir mandi air hangat untuk membantu meningkatkan suhu tubuh penderita hipotermia. Namun, apabila kondisi darurat dan tidak memiliki peralatan dan perlindungan yang cukup dari suhu dingin atau mengalami paparan pada suhu dingin yang berkepanjangan sebaiknya segera mencari bantuan medis ditempat terdekat.

Source :
Wikipedia
Hellosehat
Mitra Keluarga

Waspada! Hipotermia Adalah Penurunan Suhu Dalam Tubuh Yang Berbahaya 2

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More