10 Cara Optimasi On-Page SEO Untuk Website Baru 1

10 Cara Optimasi On-Page SEO Untuk Website Baru

35

SEO untuk website dalam halaman atau yang biasa disebut on-site atau On-page SEO adalah cara / teknik dan praktik penting untuk mengoptimalkan elemen-elemen sebuah website baik web yang baru dibuat maupun situs yang sudah lama online.

SEO ON-PAGE atau on-page SEO. Pengertian dari istilah ini adalah serangkaian proses optimalisasi. SEO website ini berbeda dengan SEO Off-Page yang melibatkan aktivitas di luar halaman website itu sendiri yang dilakukan untuk meningkatkan posisi atau peringkat agar website tampil di halaman 1 mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan lain-lain.

SEO ON-Page itu sendiri sebetulnya terdapat banyak faktor yang mempengaruhi. Namun, SEO untuk website baru dibuat tetap masih menggunakan dasar-dasar SEO untuk website pada umumnya.

SEO basics atau pengoptimalan mesin pencarian utama sebuah website baru yang baru saja dibangun dilakukan dalam halaman web atau istilahnya SEO untuk website baru dibuat pada umumnya meliputi 10 Kunci Utama SEO Website (SEO On-Page) dibawah ini:

Cara Optimasi SEO untuk Website yang Masih Baru

SEO dalam halaman sebuah Website utamanya adalah sebagai berikut:

1. META TITLE

SEO WEBSITE (SEO ON-PAGE)

Untuk pengguna blogspot pastikan bahwa SEO On-Page tag meta title judul website diatur dalam kode saurce atau halaman HTML. Jadikan judul website menarik. Namun, jika ingin memaksimalkan SEO untuk website baru yang menggunakan platform cms seperti WordPress tidak usah bingung karena website WordPress lebih mudah menggunakan plugin otomatis seperti All In One SEO Pack (AIO), Yoast SEO atau yang lainnya.

2. META DESKRIPSI

Metadata deskripsi website muncul di cuplikan hasil pencarian Google, Yahoo atau Bing dan mesin pencari lain. Itulah sebabnya meta deskripsi merupakan salah satu kunci sangat penting dalam SEO website.

Untuk itu, pastikan deskripsi website dan postingan memberikan alasan kuat kepada pengguna untuk mengklik ke situs Anda.

3. JUDUL HALAMAN (tag H1 JUDUL)

Pastikan bahwa Anda menggunakan judul meta yang sama dengan judul halaman meta tag h1 pada halaman web Anda. TIDAK disarankan menggunakan judul yang berbeda. Gunakan hanya satu tag H1 per halaman!

4. URL SEO-FRIENDLY

Contoh permalink / URL postingan blog yang SEO friendly misalnya domain.com/seo-website/. Url tersebut jauh lebih baik daripada ‘domain.com/seo-website/?=seo-on-page-url-1.html’.

Buat URL Anda deskriptif dan singkat. Disarankan tidak menggunakan garis bawah (_) tetapi selalu gunakan tanda hubung (-).

5. GUNAKAN SUBHEADING (H2, H3, H4)

Memanfaatkan subpos untuk meningkatkan keterbacaan konten dan mencoba untuk memasukkan kata kunci yang paling penting dalam subheading setidaknya salah satu dari subheading baik itu H2, H3 ataupun H4. Contoh pada artikel ini saya memasukan subheading BASICS SEO WEBSITE.

6. GUNAKAN MULTIMEDIA

Multimedia yang dimaksud misalnya gambar atau video. Penggunaan gambar dan video dalam pos dapat meningkatkan pengalaman pengguna situs, mendorong pengunjung untuk terlibat lebih jauh. Penggunaan multimedia berupa gambar dan video juga dapat mewakili keterangan.

7. Kata Kunci di Paragraf Pertama

SEO WEBSITE (SEO ON-PAGE)

Riset kata kunci / keywoord research lalu sertakan kata kunci target utama dalam paragraf pertama atau 100 kata pertama didalam postingan untuk SEO website yang maksimal.

8. Template Responsive

SEO WEBSITE (SEO ON-PAGE)

Mengingat kini pengguna lebih mobile maka pastikan situs web Anda ramah seluler. Sangat di rekomendasikan agar menggunakan desain template responsive.

Dengan template blog responsive, maka otomatis tampilan website akan mengikuti layar pengguna, baik itu PC maupun Smartphone / HP.

9. PageSpeed / Loading Website

SEO WEBSITE (SEO ON-PAGE)

Situs web yang lambat cenderung lebih cepat ditinggalkan oleh pengunjung. Untuk itu, pastikan bahwa halaman website Anda membuka halaman konten dengan cepat.

Cara umum untuk melakukannya adalah dengan mengoptimalkan gambar dengan lazyload, mengaktifkan kompresi pada server dan mengoptimalkan ukuran file gambar.

10. User Experience

SEO WEBSITE (UX)

Sebagai tambahan jangan lupakan UX atau User Experience. Jika ingin mengoptimalkan SEO untuk website baru dibuat, sebaiknya pikirkan lebih dulu tentang UX dan hal lain yang mengutamakan pengalaman pengguna.

SEO website 2018 berbeda dengan SEO website 2019 yang lebih memfokuskan pada pengalaman pengunjung situs.

User Experience adalah salah satu hal yang harus diperhitungkan dalam optimalkan website, blog dengan cara seo 2019.

Trends SEO 2019 bukan hanya untuk robot mesin pencari google, namun lebih ke pengalaman pengguna user (orang) yang menggunkan mesin pencarian seperti google, bing, yahoo dan lain-lain untuk menemukan situs / website kita.

Itulah 10 kunci utama SEO website (SEO On-Page) Blog untuk optimasi SEO website Anda. Jika ada yang kurang pembahasan SEO untuk website baru yang saya jelaskan diatas, silahkan tambahkan melalui kolom komentar dibawah.

10 Cara Optimasi On-Page SEO Untuk Website Baru 2

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More