Sensitive Teeth Treatment: Tips Menyikat Gigi Untuk Gigi Sensitif 1

Sensitive Teeth Treatment: Tips Menyikat Gigi Untuk Gigi Sensitif

0 85

Sensitive Teeth Treatment: Tips menyikat gigi untuk gigi sensitif – Jika anda sering mengalami gigi ngilu saat menyikat gigi atau menyantap makanan dingin kemungkinan besar anda memiliki gigi sensitif. Cara menyikat gigi sensitif tentunya akan berbeda dari cara menyikat gigi biasa seperti pada gigi normal, karena gigi sensitif sendiri memang memilki tingkat sensitifitas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan gigi normal.

Memiliki gigi dengan tingkat sensitifitas yang tinggi tentunya akan mengganggu siapa saja terutama ketika mengkonsumsi makanan, rasa gigi ngilu akan menghampiri ketika tengah mengkonsumsi makanan dalam kondisi yang terlalu panas ataupun terlalu dingin.

Apa Penyebab gigi sensitif ?

  1. Penyebab gigi terasa ngilu atau gigi sensitif pada umumnya disebabkan akibat terkikisnya email lapisan pelindung gigi atau karena terpaparnya akar gigi. 
  2. Gigi Akan menjadi sensitif ketika gusi terbuka, sehingga dentin, lapisan di bawahnya, terpapar berbagai rangsangan.
  3. Menggunakan sikat gigi berbulu keras atau menyikat gigi terlalu kencang.
  4. Penumpukan plak pada gigi

Apakah saya memiliki gigi berlubang atau gigi sensitif?

Penyebab terjadinya sensitivitas gigi atau gigi sensitif yang menyebabkan gigi ngilu ditimbulkan oleh beberapa hal. Jika mengalami gejala seperti dibawah ini, kemungkinan anda mengalami gigi sensitif. Seperti dikutip dari alodokter:

“Gigi sensitif adalah kondisi ketika muncul sensasi ngilu dan nyeri pada gigi. Sensasi tersebut muncul sebagai respons terhadap sejumlah kondisi, misalnya akibat makan atau minum yang panas atau dingin. Gigi sensitif dapat terjadi sementara atau dalam jangka panjang, baik pada satu gigi maupun beberapa gigi.”

Source: https://www.alodokter.com/gigi-sensitif
sensitive teeth treatment Tips Menyikat Gigi Untuk Gigi Sensitif

Perawatan gigi sensitif (Sensitive teeth treatment)

Gigi sensitif bisa jadi salah satu faktor penyebab gigi ngilu berkepanjangan apabila tidak dilakukan perawatan gigi secara rutin. Beberapa cara untuk perawatan gigi sensitif adalah:

  1. Menggunakan pasta gigi desensitisasi khusus gigi sensitif ( toothpaste for sensitive teeth ).
  2. Menggunakan sikat gigi berbulu halus.
  3. Menghindari makanan yang sangat asam.
  4. Menggunakan obat kumur berfluoride setiap hari.
  5. Menghindari makanan dingin seperti es krim.
  6. Menghindari makanan panas.

Permasalahan seperti gigi yang menjadi sangat sensitif tentunya tidak terjadi begitu saja tanpa sebab atau alasan, permasalahan tersebut terjadi biasanya karena pemilik gigi tidak pernah memperhatikan dan melakukan perawatan pada gigi mereka. Kurangnya perawatan gigi yang kurang maksimal bukan hanya dapat menyebabkan gigi sensitif tapi bisa juga menjadi salah satu penyebabkan gigi berlubang.

Untuk mengatasi permasalahan gigi sensitif sendiri memang dapat dilakukan dengan berbagai macam cara ataupu metode, mulai dari cara atau metode medis yang menggunakan obat-obatan sesuai dengan anjuran ahli kesehatan atau dokter hingga merubah kebiasaan dalam membersihkan dan merawat gigi.

Seperti salah satunya adalah ketika menyikat gigi, karena tentunya cara menyikat gigi untuk gigi sensitif akan berbeda dengan cara menyikat gigi pada gigi normal, maka dari itulah hal tersebut juga tentunya harus sangat diperhatikan.

Dan bagi anda yang ingin mengetahuinya, maka di bawah ini adalah beberapa tips menyikat gigi untuk pemilik gigi sensitif yang dapat kita ketahui bersama.

Tips Menyikat Gigi Untuk Gigi Sensitif

1. Menggunakan Pasta Gigi Khusus untuk Gigi Sensitif (toothpaste for sensitive teeth)

Tips pertama yaitu cobalah menyikat gigi dengan pasta gigi khusus yang dibuat untuk gigi sensitif yang memang sesuai dengan gigi sensitif. Karena untuk gigi sensitif memang sangat dianjurkan untuk menggunakan pasta gigi yang memang untuk gigi sensitif. Karena pasta gigi untuk gigi sensitif memang memilki kandungan yang dibuat khusus untuk meredakan sensitiftas pada gigi. Ada beberapa merek pasta gigi untuk gigi sensitif yang tersedia dipasaran yamg dapat digunakan.

2. Gunakan Sikat Gigi Berbulu Halus (soft-bristled toothbrush)

Tips kedua yang dapat diketahui adalah cara meyikat gigi yang benar pada gigi sensitif, karena sebagian besar orang memang belum mengetahui cara menyikat gigi pada gigi sensitif. Menyikat gigi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan gigi dan mulut seperti agar tidak bau mulut, menjauhkan dari terjadinya gigi kuning, mencegah gigi berlubang dan masih banyak lagi.

Namun, cara menyikat gigi untuk gigi sensitif, sebaiknya hindarilah menyikat gigi dengan gerakan horizontal dan dengan tekanan yang kuat, karena cara menyikat gigi terlalu keras atau menggunakan sikat gigi yang keras dapat memicu gigi menjadi ngilu dan sangat sensitif serta akan mempengaruhi kesehatan gusi. Bukan hanya mengganggu kesehatan gigi, tapi menggunakan sikat gigi berbulu keras atau menyikat gigi terlalu keras bahkan dapat menyebabkan gusi berdarah.

Untuk itu sebaiknya gunakanlah sikat gigi dengan bulu yang halus atau lembut yang disertai dengan gerakan menyikat gigi memutar secara perlahan.

Demikian di atas tadi adalah sedikit ulasan mengenai sensitive teeth treatment: tips menyikat gigi untuk gigi sensitif yang telah kita ketahui bersama. Namun lebih disarankan agar mengunjungi ahli gigi untuk berkonsultasi langsung dengan pakar kesehatan. semoga sedikit tips sensitive teeth treatment di atas dapat membantu dan menjadi sebuah informasi yang bermanfaat untuk anda semuanya.

Sensitive Teeth Treatment: Tips Menyikat Gigi Untuk Gigi Sensitif 2

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More