Sejarah Telegram dan Cara Menggunakannya 1

Sejarah Telegram dan Cara Menggunakannya

0 100

Anak tahun 90-an pasti nggak asing lagi dengan nama Telegram. Sebuah alat yang bisa berkirim pesan suara dengan cepat yang diciptakan oleh Samuel Thomas von Sommering itu ternyata sekarang hadir di dunia yang sudah modern ini.

Telegram sebagai startup era digital bebasis aplikasi chatting yang bisa digunakan untuk berbagi pesan, foto, video, hingga dokumen. Telegram banyak digunakan oleh masyarakat di era digital yang sekarang ini.

Aplikasi Telegram dengan logo pesawat kertas berwarna putih dan latarbelakang biru ini bersifat cloud sehingga Kita tidak perlu membutuhkan banyak penyimpanan untuk saling berbagi pesan atau file.

Konten yang dikirim ke orang lain melalui Telegram akan dienkripsi dengan standart keamanan internasional oleh pihak ketiga (Telegram). Bukan hanya itu, akses ke file tersebut pun hanya Kamu yang punya, pihak Telegram tidak dapat mengakases file yang Kamu kirim.

Sangat keren kan? Bahkan penggunaan aplikasi Telegram ini terbilang cukup mudah meskipun memiliki fitur yang cukup banyak. Kira-kira gimana ya, sejarah perkembangan aplikasi Telegram hingga menjadi startup aplikasi chating terpopuler sampai sekarang ini?

Sejarah Singkat Telegram

Telegram diciptakan oleh Nikolai dan Pavel Durov, dua orang bersaudara yang membangun Telegram dari nol. Nikolai Durov adlaah developer Telegram dengan menciptakan protokol MTProto sebagai sistem inti Telegram.

Sementara Pavel Durov berugas untuk membiayai dan memfasilitasi Nikolai dalam mengembangkan aplikasi Telegram.

Ketika selesai, Telegram mulai rilis tanggal 14 Agustus 2013 pada perangkat IOS. Kemudian Telegram rilis untuk perangkat Android pada 20 Oktober 2013.

Keseriusan Nikolai dan Pavel Durov membangun Telegram berbuah manis, pada Oktober 2013 tercatat sekitar 100.000 pengguna aktif harian menggunakan Aplikasi Telegram. Pada bulan Maret 2014, Pengguna Telegram aktif mencapai angka 15 juta.

Beberapa bulan kemudian, pengguna aktif Telegram berhasil mencapai angka 35 juta dan pada Desember 2014 mencapai angka 50 juta pengguna aktif.

2 bulan setelah itu, Pengguna Telegram aktif menyentuk angka 100 juta. Pastinya, menaiknya pengguna memiliki sebab tersendiri. Memang, Telegram merupakan aplikasi ringan yang bisa digunakan meskipun pada perangkat low speec.

Wajar saja Jika Telegram memegang catatan sejarah yang manis karena aplikasi Telegram memilik tampilan yang sederhana dengan fitur yang sangat banyak dan mudah digunakan.

Secara interface pun Telegram memiliki tampilan yang rapi dan bersih, dan sederhana seperti WhatsApp Messanger. Selain itu, Telegram juga menyediakan fitur keren mirip aplikasi BlackBerry Messenger dan LINE.

Hebat banget kan Sejarah Telegram ini? Gimana mau menggunakan aplikasi Telegram? Yuk berikut BLOGalviya uraikan mengenai cara menggunakan Telegram lengkap sebelum sahabat BLOGalviya mencoba aplikasi Telegram.

Cara Menggunakan Telegram Lengkap

Cara menggunakan aplikasi Telegram sangatlah mudah, tanpa menggunakan guide sekalipun Kamu pasti langsung menguasai basic dari fitur-fitur yang disajikan oleh aplikasi Telegram.

Namun, untuk menambah sedikit informasi pengelolaan aplikasi Telegram untuk kebutuhan chatting dan lain sebagainya, berikut BLOGalviya kenalkan fitur-fitur keren telegram yang bisa Kamu jadikan literatur cara menggunakan Telegram dengan beberpaa fitur keren yang disediakan aplikasi Telegram.

Membuat Akun Telegram

Sama sepeti aplikasi WhatsApp, Telegram menggunakan nomor seluler untuk mendaftar akun baru. Pastinya Kamu juga dapat melihat teman yang terhubung ke Telegram dari nomor telepon di kontak HP.

Hebatnya, Nomor telepon bisa diubah dan dihubungkan ke perangkat lain sehingga memungkikan Kamu menggunakan 1 akun Telegram di 2 HP. Kamu juga bisa membuat nama samaran dan menyembunyikan nomor telepon.

Menggunakan Fitur Kirim Pesan, Gambar, File, Sticker, Emoji dan GIF

Untuk fitur kirim pesan, gambar, dan foto mirip dengan fitur aplikasi Whatsapp. Fitur tambahan seperti sticker, emoji, dan GIF juga bisa Kamu dapatkan secara gratis. Seperti WA yang bisa membuat stiker WhatsApp sendiri, kamu juga bisa membuat costum sticker dan GIF, loh. nggak kalah deh sama Whatsapp.

Mengenal Fitur Cloud Storage Pesan

Setiap data yang Kamu kirim melalui aplikasi Telegram akan tersimpan secara cloud sehingga data tersebut tidak akan hilang sebelum Kamu menghapusnya secara manual. Jadi jika misalkan HP Kamu hilang, menghapu aplikasi Telegram, atau mangharuskan untuk reset data, isi chat yang ada pada akun Telegram Kamu tidak akan hilang.

Mengenal Keamanan yang Digunakan Telegram

Meskipun bersifat cloud, kemanan yang digunakan Telegram nggak main-main, loh. Mereka menggunaap skema simetrik MTProto buatan Nikolai Durov dan rekan-rekannyanya yang menggunakan enkripsi AES 256-bit, RSA 2048 dan Diffie-Hellman.

Menggunakan Fitur Secret Chat

Sama sepertti Whatsapp, Telegram juga menyediakan fitur Secret Chat. Dimana Kita dapat saling berbalas pesan secara client-to-client menggunakan protokol MTProto. Pesan Kita tidak bisa diakses oleh siapapun dan dimanapun, hanya pengirim yang sedang memegang kontrol penuh dan penerima di satu perangkat saja.

Bahkan pihak Telegram sekalipun tidak bisa mengakses pesan tersebut. Telegram juga menyediakan fitur hapus pesan otomatis dengan interval waktu yang bisa disesuaikan.

Cara Hapus Chatting Permanen di Telegram

Sejarah-Telegram-dan-Cara-Menggunakan-Telegram

Seperti yang telah disinggung diatas, pesan Telegram hanya bisa dihapus secara manual dan bersifat permanen. Tidak seperti whatsapp, Telegram memungkikan Kamu untuk menghapus pesan di setiap waktu. Tentu, hal ini memungkinkan Kamu menghapus pesan yang telah dikirim beberapa hari yang lalu.

Menggunakan Fitur Channel

Fitur ringan yang mirip dengan BlackBerry Messenger ini sangat dibutuhkan sampai sekarng, loh. Biasanya Fitur channel pada Telegram digunakan untuk brand atau perusahaan.

Fitur Channel Telegram memungkinkan Kamu bisa memberikan informasi kepada siapapun yang mengikuti channel tersebut dan membuat sistem sendiri. Fitur Channel Telegram juga bisa dihubungkan dengan database, loh.

Mengenal Fitur Grup di Telegram

Kesel dengan Whatsapp yang hanya menyediakan ruang sekitar 200-an pada fitur group-nya? Tenang, Telegram menyediakan ruang unlimitied untuk fitur group chat. Selain itu, Kamu juga bisa mengaktifkan fitur pengamanan pesan pada fitur groupchat loh. Sehingga apapun yang Kamu kirim akan terasa aman. Keren nggak?

Menggunakan Fitur Multi Akun Telegram

Sama dengan forum sosial media seperti Facebook dan Instagram, Kamu bisa membuat 2 akun atau lebih dalam satu aplikasi Telegram saja. Kamu tidak perlu Log-in, log-out untuk dapat berganti akun. Pastinya ini sangat memudahkan Kamu bagi yang ingin membuat akun khusus untuk perkejaan dan untuk keluarga.

Setiap akun juga memiliki keamanan yang pastinya terjaga. Kamu bisa mengaktifkan fitur autentifikasi 2 faktor sekaligus untuk konfirmasi kepemilikan akun. Akun Telegram yang Kamu miliki juga bisa digunakan secara bersamaan di perangkat yang berbeda, loh.

Pastinya sangat efisien sekali untuk Kamu yang memiliki banyak koneksi, mulai dari pekerjaan, hobi, keluarga,dan lain-lain.

Kesimpulan

Sejarah Telegram sebagai aplikasi chatting dan wadah forum memang tidak main-main dalam proses development nya. Selain itu, Telegram juga termasuk best aplikasi karena bisa mendapatkan banyak perngguna aktif dalam waktu yang cukup singkat.

Selain untuk chatting, Telegram juga bisa dijadikan untuk pusat berbagai informasi berbasis commad layaknya web aplikasi. Sehingga memungkinkan Kita mengatur perkejaan dengan fitur-fitur keren dari Telegram.

Sejarah Telegram dan Cara Menggunakannya 2

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More