Sakit Kepala: Pengertian, Gejala, Penyebab, Pengobatan serta Pencegahan

siapa saja bisa mengalaminya, baik tua ataupun muda. Bila dibiarkan, bisa jadi hal yang sangat mengusik. Berikut ini uraian singkat pengertian, gejala, penyebab, pengobatan serta .

Pengertian Sakit Kepala

Sakit kepala ialah rasa sakit ataupun nyeri di kepala, yang dapat timbul secara bertahap ataupun tiba- tiba.

Nyeri dapat timbul di salah satu sisi kepala, ataupun di segala bagian kepala. Sakit kepala dapat membuat kepala terasa berdenyut, ataupun semacam terlilit kencang oleh tali.

Sakit kepala dapat terasa ringan sampai berat, serta bisa berlangsung sebagian jam sampai berhari- hari. Biasanya sakit kepala bisa diatasi dengan obat- obatan.

Tetapi untuk sakit kepala yang dipicu oleh penyakit serius, dibutuhkan penanganan lebih lanjut.

pengertian, gejala, penyebab, pengobatan serta pencegahan sakit kepala

Gejala sakit kepala yakni sakit ataupun nyeri di kepala, yang dapat menyebar ke wajah, leher, serta bahu.

Penglihatan pengidap juga bisa jadi buram, dan lebih sensitif terhadap sinar serta suara.

Lekas memeriksakan diri ke dokter apabila sakit kepala diiringi muntah, leher kaku, kendala penglihatan, bicara kacau, ataupun kejang. Dapat jadi hal tersebut merupakan gejala dari penyakit yang beresiko.

Penyebab Sakit Kepala

Penyebab sakit kepala terjadi akibat aktifnya saraf nyeri di kepala.

Keadaan ini bisa dipicu oleh beberapa perilaku sehari-hari, semacam kurang tidur ataupun telat makan.

Sakit kepala juga bisa dipicu oleh beberapa penyakit, antara lain sakit gigi, peradangan kuping, migrain ataupun sakit kepala sebelah pada anak, hipertensi, ataupun tumor otak.

Diagnosis Sakit Kepala

Untuk mengenali pemicu sakit kepala, pengidap dianjurkan untuk memerhatikan perilakunya tiap hari yang bisa jadi menjadi pemicu sakit kepala.

Apabila sakit kepala membuat pengidap jadi takut, hendaknya konsultasikan dengan dokter. Dokter akan melakukan beberapa pengecekan untuk mengenali pemicu sakit kepala.

Pengobatan sakit kepala bergantung dari penyebabnya.

Apabila tidak terdapat indikasi lain yang beresiko, sakit kepala bisa diredakan dengan obat- obatan yang dijual leluasa, semacam paracetamol.

Apabila sakit kepala dirasa mengkhawatirkan, segeralah bertanya dengan dokter untuk memperoleh pengecekan serta penanganan yang cocok untuk mengatasi sakit kepala.

Pencegahan Sakit Kepala

Untuk menghindari sakit kepala akibat perilaku sehari-hari, terapkanlah perilaku hidup yang sehat, misalnya istirahat dengan lumayan serta teratur olahraga.

Sebaliknya untuk sakit kepala akibat suatu penyakit, pencegahan yang terbaik yakni dengan menyembuhkan penyebabnya.

Artikel pilihan:

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More