Pengertian peluang usaha beserta contohnya

alviya.com, Pengertian peluang usaha – Banyak orang bertanya, Apa itu peluang usaha ? Apa yang di maksud dengan peluang usaha? Mungkin banyak dari kita yang masih bingung dengan semua pertanyaan diatas dan tidak tahu contoh peluang usaha yang dimaksud. Dalam artikel ini akan menjelaskan pengertian peluang usaha dalam kewirausahaan dan contohnya yang semoga bisa sedikit memberikan penjelasan.

Pengertian peluang usaha dalam kewirausahaan dan contohnya

Apa yang di Maksud dengan Peluang Usaha ?

Kata “Peluang Usaha” terdiri dari dua kata, yaitu; “Peluang” yang artinya kesempatan yang dapat dimanfaatkan dan “Usaha” yang artinya upaya upaya yang dilakukan dengan berbagai daya untuk mencapai hasil tujuan atau sesuatu yang diinginkan.

Dalam konsep , pengertian peluang usaha berasal dari bahasa Inggris opportunity yang mempunyai arti kesempatan yang muncul dari suatu kejadian ataupun momen.

Peluang usaha merupakan suatu kesempatan yang datang pada waktu tertentu sehingga dapat dimanfaatkan oleh individu atau badan usaha untuk mendapatkan keuntungan.

Pengertian Peluang Usaha Adalah merupakan kesempatan untuk memanfaatkan kesempatan untuk meraih sesuatu yang diinginkan pada momen tertentu, jadi peluang usaha adalah sebuah kesempatan untuk menjalankan sebuah bisnis untuk mendapatkan kuntungan.

Jadi, arti peluang usaha dalam ilmu wirausaha adalah sebuah kesempatan yang harus dan bisa dimanfaatkan oleh badan usaha ataupun seorang pemilik bisnis.

Sehingga bila diterjemahkan secara terminologis pengertian peluang usaha merupakan kesempatan yang dapat dimanfaatkan seseorang secara individu atau badan usaha untuk mendapatkan apa yang di inginkannya berupa ( keuntungan – kekayaan – uang ) dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki.

Itulah sekilas tentang pengertian peluang usaha. Saat berbicara tentang peluang usaha mungkin kita akan bertanya ke pertanyaan selanjutnya yaitu seperti apa contoh peluang usaha itu? Nah, berikut ini beberapa contoh yang bisa dijadikan gambaran apa itu peluang usaha.

Contoh Peluang Usaha Baru di tahun 2020

Peluang usaha jualan Masker

Contoh nyata salah satu kesempatan yang dapat dijadikan sebagai peluang usaha di tahun 2020 ini adalah jualan masker. Seperti yang kita tahu, saat ini dunia sedang dilanda wabah virus corona dimana virus ini dapat menular melalui pernafasan. Orang-orang saat ini sangat membutuhkan masker sebagai pelindung untuk mencegah penularan. Harga masker bervarian mulai dari Rp 5000 hingga puluhan ribu per item. Modal 1 juta saja sudah bisa menjalankan bisnis jualan masker.

Tapi satu hal yang harus diingat, saat ini seluruh dunia orang-orang sedang membutuhkan masker terutama yang sudah terinfeksi untuk mencegah virus menyebar. Peluang ini bukan hanya sebuah peluang usaha, tapi juga merupakan jenis usaha modal kecil yang bahkan dapat dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga.

Namun, sangat disarankan untuk tidak mengambil untung terlalu besar dalam berjualan masker pada saat situasi seperti sekarang ini. Bahkan jika bisa saling membantu untuk memberi bantuan kepada orang-orang yang saat ini sedang benar-benar membutuhkannya. Jangan sampai memanfaatkan kesempatan dalam kesusahan orang lain hanya demi meraih keuntungan besar dari jualan masker yang dimaksud.

Peluang usaha jualan Antiseptic gel

Salah satu langkah mencegah tertularnya virus corona yang saat ini sudah dalam status pandemi adalah sering mencuci tangan seperti yang dianjurkan WHO dan dinas kesehatan terkait. Saat ini antiseptic gel adalah cairan pencuci tangan anti bakteri yang sedang banyak dicari orang karena penggunaannya yang simple dan mudah dibawa kemana saja.

Ini merupakan kesempatan yang bagus untuk dijadikan sebagai peluang usaha jualan antiseptic gel. Bisnis jualan antiseptic gel pencuci tangan adalah salah satu contoh peluang usaha kecil yang menguntungkan karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

Namun, seperti halnya pada poin di atas, dalam berjualan antiseptic gel pencuci tangan pada momen ini juga jangan memanfaatkan kesempatan ini hanya demi keuntungan lalu menjualnya dengan harga yabg terlalu mahal.

Untung Rp 500 hingga Rp 1000 per item saja sudah lumayan. Bayangkan jika satu hari bisa menjual 500 item dengan keuntungan sebesar Rp 500/item saja, sudah lumayan besar keuntungan yang didapat. Dengan rincian 500×1000= 500.000 sehari, itu artinya sebulan bisa dapat profit sebesar Rp 2.250.000 belum dipotong modal, bagaimana jika satu hari bisa menjual 1000 item perhari.

Selain dua contoh di atas, masih banyak sebetulnya contoh peluang usaha yang bisa dimanfaatkan oleh seorang pebisnis. Bahkan banyak pula peluang yang bisa dijadikan usaha rumahan modal kecil. Itulah sedikit ulasan tentang pengertian peluang usaha beserta contohnya.

Artikel pilihan:

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More