Mengenal Venture Capital dalam Startup 1

Mengenal Venture Capital dalam Startup

0 10

Bisnis startup saat ini tengah menjamur di masyarakat dan banyak digeluti oleh orang-orang yang bergelut di bidang IT. Sementara itu di dalam bisnis startup, akan ada yang dinamakan dengan Venture Capital (VC) dimana hal tersebut tidak dapat dilepaskan dengan dunia startup. VC hadir dan memiliki peran penting dalam ekosistem sebuah startup di negara atau daerah. Akan tetapi hingga saat ini masih banyak orang yang tidak tahu apa itu VC dan bagaimana sistem kerjanya. Orang-orang yang menerapkan VC akan memiliki penghasilan yang banyak serta dapat melakukan investasi kepada banyak founder startup. Namun, beberapa orang yang menjalankan VC ini tidak seluruhnya paham pula.Mengenal lebih dalam Venture Capital dalam Startup

Sistem Kerja Bisnis Venture Capital di Startup
Sebelum membahas mengenai bagaimana cara dan sistem kerja dalam bisnis VC ini, Anda perlu mengetahui apa itu VC. Venture Capital merupakan modal yang diberikan kepada startup yang sedang berkembang dalam bentuk uang. Sementara itu orang yang melakukan manajemen serta mengurusi administrasi pendanaan, pendistribusian, dan pengawasan biasanya disebut dengan Venture Capitalist. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa VC merupakan bentuk modal uangnya, sedangkan Venture Capitalist adalah orang yang menjalankan startup. Jangan sampai Anda salah menyebut istilah dalam bisnis VC ini. Anda yang bergelut di dunia startup tentunya penting untuk mengetahui beberapa hal terkait dengan bisnis VC ini.

Venture Capitalist pada umumnya memiliki proyeksi yaitu keuntungan yang diperoleh dari perusahaan yang diberikan investasi. Mereka memiliki dana untuk mengalokasikan investasi startup tersebut karena mereka pula memiliki investor yang dapat disebut dengan LP atau Limited Partners. Orang yang menjadi Limited Partners biasanya merupakan orang yang sangat kaya raya, memiliki dana pensiun, memiliki perusahaan, endowment, maupun berbagai sumber lain. Sumber tersebut dapat berupa sumber yang berasal dari berbagai jenis pula. Lalu setelah mengetahui apa itu Venture Capital dan sedikit pengantarnya, Anda perlu mengetahui pula bagaimana peran sistem kerja dari VC ini. Untuk itu, simak penjelasan singkat mengenai VC berikut ini.

Sistem kerja dari Ventura Capital ini berawal dari seorang Limited Partners menitipkan uang ke Venture Capitalist. LP ini kemudian meminjamkan uangnya guna keperluan manajemen untuk Venture Capitalist. Mereka akan melaksanakan tugas dan mengawasi investasi yang dijalankan. Hal ini dinamakan meminjamkan dikarenakan apabila investasi telah memberikan hasil kembali, maka seorang Venture Capitalist diwajibkan mengembalikan return hasil investasi. Selain itu, mereka juga harus mengembalikan uang manajemen kepada Limited Partners.

Setelah itu, Venture Capitalist akan menyalurkan uang investasi dari LP kepada berbagai startup yang memiliki kualifikasi sesuai yang dipersyaratkan oleh mereka. Kemudian Venture Capitalist akan menunggu hasilnya sambil memberikan berbagai saran, mereview proses dan kinerja dari startup, serta melihat peluang agar bisa mendapatkan keuntungan atau hasil kembali dari investasi tersebut. Seorang Venture Capitalist akan mendapatkan return yang didapat dari investasi ketika mereka bisa menutup. Menutup tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara. Menutup dapat berarti startup yang diberikan investasi dijual, divestasi, baik sebagian ataupun seluruhnya merupakan lebih besar. Dari return yang didapat tersebut, maka seorang Venture Capitalist akan mendapatkan keuntungan sebesar 20% dari investasi. Kemudian mereka harus mengembalikan sebesar 80% serta uang manajemen yang telah diberikan untuk Limited Partners.

Itulah tadi beberapa penjelasan singkat mengenai Venture Capital yang telah dipaparkan. Untuk mendapatkan uang investasi maka memerlukan proses dan siklus dari perputaran uang tersebut sangat panjang. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui risiko dari bisnis tersebut disamping sistem kerjanya.

Mengenal Venture Capital dalam Startup 2

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More