Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Cara Penggunaannya

0 258

Lidah buaya dikenal sebagai salah satu tanaman obat herbal. Beberapa manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang Wajib Anda Tahu:
1. Mempercepat penyembuhan luka luar.
2. Mengatasi iritasi kulit.
3. Meningkatkan kekebalan tubuh.
4. Membasmi plak gigi.
5. Menjaga kadar asam tubuh.
6. Membantu proses detoksifikasi.
7. Mengurangi berat badan.
8. Menjaga kesehatan jantung.

Selain daun lidah buaya yang disebutkan diatas, masih banyak lidah buaya untuk kesehatan lainnya. Lidah Buaya Bisa Dijadikan Minuman dan juga sebagai obat. Tidak kalah popular dengan air kelapa, lidah buaya kini menjadi salah satu minuman dan olahan sehat yang dipilih banyak orang. Kandungan lidah buaya antara lain mineral, serat, enzim, vitamin juga asam amino yang terdapat dalam daging lidah buaya menjadikannya berpotensi sebagai tanaman obat dan asupan sehat bagi tubuh.

Lidah buaya adalah spesies tumbuhan dengan daun berdaging tebal dari genus Aloe. Tumbuhan ini bersifat menahun, berasal dari Jazirah Arab, dan tanaman liarnya telah menyebar ke kawasan beriklim tropis, semi-tropis, dan kering di berbagai belahan dunia. Wikipedia. sudah sangat dikenal sebagai salah satu tanama obat keluarga (TOGA).

Beragam untuk Kesehatan

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh sangat beragam antara lain yaitu mencegah dehidrasi. Hal ini dikarenakan kandungan lidah buaya yang kaya akan air yang dapat mencegah dan mengatasi dehidrasi.

Manfaat lidah buaya lainnya yaitu menyehatkan kulit. Mamfaat daun lidah buaya yang memiliki efek hidrasi diyakini juga bisa mengurangi risiko munculnya jerawat, mengatasi sembelit dan mengontrol kadar gula darah.

Tapi pertanyaannya, Amankah mengkonsumsi lidah buaya?

Dikutip dari Live Strong, Jumat (4/5/2018), memakan lidah buaya mentah-mentah bisa dikatakan aman. Pada dasarnya, lidah buaya murni tanpa campuran terbilang aman dikonsumsi. Bahkan di India dan Asia Tenggara cara mengkonsumsi lidah buaya mentah-mentah adalah hal yang wajar. Tanaman lidah buaya kaya dengan kandungan air yang dapat mencegah dan mengatasi dehidrasi.

Namun, sebelum anda mengkonsumsi tanaman lidah buaya, ada baiknya kenali dulu ciri-ciri lidah buaya yang baik agar tahu bagaimana cara mengkonsumsi lidah buaya yang memberikan manfaat.

Ciri Ciri Lidah Buaya yang Baik untuk dimanfaatkan

Ciri-ciri lidah buaya yang baik untuk di konsumsi antara lain:

  • ‌Memiliki panjang lebih dari 50 CM. Lidah buaya dengan bibit unggul dapat tumbuh hingga ketinggian 1 meter, hal ini menunjukan bahwa perkembangan lidah buaya tidak terhambat.
  • Memiliki berat minimal 8 ons perbatang dan memiliki warna hijau tua.
  • Dari segi aroma tidak terlalu menyengat dan rasa tidak terlalu pahit.

Itulah beberapa ciri-ciri lidah buaya yang baik.

Manfaat daun lidah buaya memang begitu kaya dengan aneka manfaat bagi tubuh. Namun, ada hal lain seperti yang kita tahu yakni atau lidah buaya adalah tanaman berlendir.

Sebagian orang ada yang kurang suka dengan lendir lidah buaya dan sedikit risih dengan lendir lidah buaya meskipun manfaat tanaman ini sangat kaya. Untuk itu, perlu dilakukan proses pembersihan untuk menghilangkan lendir lidah buaya.

Lalu bagaimana cara menghilangkan lendir lidah buaya?

Langkah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan lendir lidah buaya adalah sebagai berikut:

  1. ‌Cuci bersih aloe vera.
  2. Potong-potong sepanjang 5-7 cm.
  3. Biarkan 2-4 jam, supaya getah yang berwarna kuning keluar.
  4. Cuci bersih lagi sambil hilangkan getah kuningnya.
  5. Kupas kulit lidah buaya.
  6. Cuci lagi hingga bersih.
  7. Siapkan soda kue dan larutkan dengan sedikit air.

Setelah mengetahui ciri ciri lidah buaya yang baik serta menghilangkan lendir lidah buaya, saatnya untuk melanjutkan kelangkah selanjutnya yaitu mengambil manfaat lidah buaya dan cara penggunaannya.

Cara memanfaatkan lidah buaya

  • ‌Ambil daun lidah buaya yang sudah besar dan tua.
  • ‌Cuci bersih kemudian ambil daging buahnya.
  • ‌Iris dadu atau sesuai selera.
  • ‌Cuci daging lidah buaya.
  • ‌Rebus hingga mendidih, cukup sekali mendidih lalu matikan kompor.

Berapa lama merebus lidah buaya?

Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Panaskan air kedalam panci
  • Masukkan gula dan daun pandan,
  • Didihkan dengan api kecil.
  • Masukkan lidah buaya,
  • Masak selama 5 menit dengan api sedang.

Cara menikmati jus lidah buaya…

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Cara Penggunaannya manfaat jus lidah buaya untuk kesehatan

Cara menikmatinya bisa ditambahkan madu, gula, sirup atau buat campuran es buah. Manfaat lidah buaya dan madu sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, kalau dimakan rasanya adeeeeeem banget di perut. Dijamin enak banget.

Manfaat yang jus lidah buaya yang paling banyak dimanfaatkan orang yaitu untuk menyembuhkan sakit maag dan asam lambung.

Apakah lidah buaya bisa menyembuhkan asam lambung dan maag?

Dengan banyaknya kandungan alami yang ada di dalam lidah buaya seperti mineral, serat, enzim, vitamin juga asam amino yang terdapat dalam daging lidah buaya menjadikannya salah satu tanaman yang dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit maag. Manfaat lidah buaya untuk penyakit maag dan asam lambung sangat baik, salah satunya adalah kandungan zat alkali. Kandungan alkali yang ada didalam lidah buaya akan menetralkan dan mengurangi asam lambung yang meningkat.

Gejala Asam Lambung Naik

Gejala Asam Lambung Naik, Nyeri Dada (Heartburn) Gejala asam lambung naik yang pertama biasanya ditandai dengan nyeri pada bagian dada. Saat seseorang berada dalam kondisi terkena asam lambung yang naik, bagian mulut dan dinding kerongkongan yang teriritasi akan terasa tidak nyaman. Tapi yang paling sering terjadi dan dirasakan oleh penderita penyakit asam lambung adalah dua hal berikut; Ulu Hati terasa Nyeri dan Muncul Seperti Sensasi Terbakar Di Bagian Dada.

Gejala Sakit Maag

Seseorang yang menderita penyakit maag biasanya akan mengalami gejala atau ciri-ciri penyakit maag yang meliputi:

  • Perut kembung dan terasa penuh.
  • Mudah kenyang.
  • Mual saat makan.
  • Sering sendawa.
  • Intoleransi terhadap makanan berlemak.
  • Nafsu makan menurun karena perut terasa sakit.
  • Naiknya asam lambung.
  • Penurunan berat badan.

Seperti yang saya sebutkan diatas, Lidah Buaya bisa dijadikan minuman dan juga sebagai obat. Salah satunya adalah dengan dibuat jus. Manfaat jus lidah buaya sangat baik untuk kesehatan. Berikut ini diantaranya:

Manfaat jus lidah buaya

Mengatasi sembelit dan mengendalikan kadar gula darah

Manfaat jus lidah buaya antara lain dapat mengatasi sembelit dan mengendalikan kadar gula darah. Sejumlah penelitian mengungkapkan bila lidah buaya dapat mengobati sembelit dan membantu menurunkan kadar gula darah pada penyakit diabetes tipe 2.

Mempercepat penyembuhan luka luar.

Dikutip dari Food Wine,lidah buaya merupakan obat alami yang dapat menyembuhkan luka bakar ringan. Bahkan, salah satu studi menunjukkan bahwa rata-rata pasien yang mengalami luka bakar ringan tingkat kesembuhannya cenderung lebih cepat 9 hari, dibandingkan dengan pasien yang tidak mengoleskan gel lidah buaya pada luka mereka.

Menjaga kesehatan jantung

Nutrisi yang terkandung pada lidah buaya dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko seseorang terkena kolesterol. Hal ini membuat fungsi lidah buaya disini sangat penting dalam mencegah penyakit jantung yang begitu berbahaya.

Manfaat Lidah Buaya Lainnya

  • Mengatasi iritasi kulit.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Membasmi plak gigi.
  • Menjaga kadar asam tubuh.
  • Membantu proses detoksifikasi.
  • Mengurangi berat badan.
  • Menjaga kesehatan kulit.
  • Bantu atasi radang gusi.
  • Menjaga kesehatan pencernaan.

Efek Samping Mengkonsumsi Lidah Buaya

Selain kaya manfaat juga terdapat efek samping mengkonsumsi lidah buaya. Sebab, lidah buaya dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti sakit perut, alergi, dan kram. Selain itu, penggunaan dan konsumsi lidah buaya dalam jangka panjang juga bisa menyebabkan diare, masalah ginjal, darah dalam urin, kalium rendah, kelemahan otot, penurunan berat badan, dan gangguan jantung.

Itulah Cara memanfaatkan lidah buaya, mudah, enak dan kaya manfaat. Mudah-mudahan sehat terus ya buatku dan teman-teman dumay semua.
Salam sehat.

Artikel pilihan:

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More