Manfaat Daun Maple Untuk Kesehatan Kulit 1

Manfaat Daun Maple Untuk Kesehatan Kulit

0 48

Selain cantik dan indah dipandang, pohon Maple juga memiliki banyak manfat. Mungkin kita mengenal olahan maple dalam bentuk maupun gula atau sirup, akan tetapi pohon Maple juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Bagian dari pohon Maple yang dimanfaatkan adalah daunnya. Salah satunya adalah manfaat daun Maple untuk kesehatan kulit yang dipercaya dapat mencegah keriput dan menghaluskan kulit.

Asal Usul Pohon Maple

Terlihat dari lambang bendera negara Kanada yang menyisipkan bentuk daun Maple, menunjukkan bahwa pohon ini memang berasal dari sana. Asal muasal pohon Maple yaitu dari Amerika Utara, tepatnya di Kanada dan yang paling terkenal yaitu jenis pohon Maple Acer Saccharum.

Pohon Maple mampu menghasilkan getah yang terasa manis dan dimanfaatkan untuk pembuatan sirup dan gula Maple. Sirup ini biasanya dimanfaatkan untuk sarapan bersama dengan oatmeal, pancake atau pun kudapan negara barat lainnya. Ingin tahu lebih jauh tentang maple? Silahkan tonton video YouTube The Maple Tree di bawah ini.

The Maple Tree

Manfaat Daun Maple

Seperti halnya manfaat daun sirsak, daun maple juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Berdasarkan sebuah penelitian, ekstrak daun Maple merah dapat memperlambat proses pemecahan elastin dengan menghalangi aktivitas elastase pada kulit. Kerutan dapat terjadi apabila elastin pada kulit mulai mengalami kerusakan.

Namun, jika proses tersebut berhasil dihambat atau dihalangi, maka proses penuaan atau keriput akan berkurang. Selain itu, ekstrak daun Maple merah juga dipercaya dapat mengatasi peradangan atau bintik-bintik hitam pada kulit wajah.

Ekstrak daun Maple merah ini akan menjadi salah satu alternatif perawatan kulit yang paling aman karena berasal dari hayati atau tumbuhan. Fungsinya bisa disamakan seperti Botox namun lebih alami dan pastinya aman untuk penggunaan berkelanjutan.

Manis yang Sehat dari Sirup Maple

Manis memang identik dengan pemicu penyakit diabetes dan seseorang harus menghindarinya ketika menginjak usia 35 tahun ke atas. Namun, hal ini berbeda dengan manis yang dihasilkan oleh sirup Maple. Sirup Maple merupakan campuran dari gula yang mengandung tepung dari pohon Maple dan menjadi gula saat musim panas. Sirup Maple sangat aman dikonsumsi dalam jangka Panjang karena mengandung banyak manfaat seperti berikut ini:

1. Terdapat Kandungan Mineral

Selain mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi dan beragam, sirup Maple juga mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh. Kandungan mineral pada sirup Maple antara lain mangan dan seng.

2. Sebagai Obat Untuk Batuk Pilek

Kandungan mineral seperti mangan dan seng pada sirup Maple mampu mengatasi sakit batuk pilek. Penelitian juga sudah pernah dilakukan oleh ahli peneliti dari Wayne State University di Detroit. Kandungan mineral tersebut memang terbukti dapat mencegah penyakit dan dapat digunakan sebagai obat batuk pilek.

Sedangkan kandungan mineral zinc pada sirup Maple dapat mempertahankan persentase sel darah putih pada tubuh. Sel darah putih ini berfungsi sebagai sistem imun atau pertahanan diri terhadap berbagai infeksi penyakit batuk atau pilek.

3. Mengandung Antioksidan Tinggi

Manis yang dihasilkan dari sirup Maple sangat aman dikonsumsi, bahkan mengandung kurang lebih 24 zat antioksidan yang butuhkan oleh tubuh. Zat antioksidan tersebut bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit pada tubuh. Radikal bebas juga berpengaruh pada proses penuaan dini dan keriput pada wajah.

4. Mencegah Penuaan Dini

Zat antioksidan yang terkandung di dalam sirup Maple dalam membantu mengurangi dan mencegah penuaan dini dan keriput akibat radikal bebas dan polusi udara. Caranya bisa dengan dikonsumsi atau pun digunakan sebagai scrub pada wajah dengan campuran sirup Maple dan gandum atau oat.

5. Membantu Pencegahan Penyakit Kanker

Berdasarkan sebuah penelitian, ditemukan fakta menarik bahwa diet menggunakan oatmeal dan sirup Maple untuk sarapan terbukti dapat mencegah penyakit peradangan. Beberapa contoh penyakit peradangan yaitu kanker, Alzheimer, atau pun osteoporosis. Zat antioksidan pada sirup Maple berasal dari senyawa nabati yang disebut polyphenol.

6. Mengatasi Masalah Pencernaan

Sirup Maple juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan dan menjaga organ pencernaan tetap sehat. Masalah pencernaan yang mampu diatasi dengan sirup atau gula Maple yaitu perut kembung, bergas, atau sembelit. Oleh karena itu, mulailah mengganti gula pasir dengan gula atau sirup Maple yang lebih sehat dan bermanfaat.

Nah, itulah penjelasan mengenai pohon Maple yang tak hanya cantik tetapi juga sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat.

Manfaat Daun Maple Untuk Kesehatan Kulit 2

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More