✓ 8 Manfaat dan Dampak Negatif Mengkonsumsi Jeruk Nipis 1

✓ 8 Manfaat dan Dampak Negatif Mengkonsumsi Jeruk Nipis

2 34

Selamat datang kembali sobat BLOGalviya. Artikel kali ini kita akan membahas tentang 8 manfaat dan dampak negatif mengkonsumsi jeruk nipis yang mungkin sobat BLOGalviya belum ketahui.

Siapa yang tidak mengenal jeruk ? buah oranye ini sudah sangat terkenal di seluruh dunia.

Bahkan setiap anda pergi ke pasar bagian buah baik itu pasar tradisional maupun modern pasti disana terdapat buah jeruk ini.

Dengan rasa asam ataupun manis dan menyegarkan yang dimilikinya membuat buah ini menjadi primadona dimanapun.

Bahkan di Indonesia terdapat 10 jeruk yang sangat terkenal yang menjadi favorit konsumen indonesia.

Buah jeruk memiliki banyak manfaat yang berguna bagi kesehatan manusia seperti yang akan kita bahas di dalam artikel kali ini mengenai manfaat dan dampak negatif mengkonsumsi jeruk nipis bagi kesehatan manusia.

8 manfaat dan dampak negatif mengkonsumsi jeruk nipis

manfaat-dan-dampak-negatif-mengkonsumsi-jeruk-nipis
www.10terbaik.com

1. Mengkonsumsi Jeruk Nipis Berlebih dapat Mendorong rasa haus

Bila anda memiliki hobi meminum air perasan jeruk nipis maka pasti anda tidak kekurangan cairan dalam tubuh.

Ini dikarenakan ketika anda meminum air perasan jeruk nipis maka akan mendorong rasa haus sehingga anda akan meminum lebih banyak air dan pada akhirnya kebutuhan cairan dalam tubuh harian anda akan terpenuhi .

2. Melancarkan pencernaan

Salah satu manfaat jeruk nipis adalah dapat mengatasi gangguan pencernaan.

Gangguan pencernaan seperti kesulitan buang air besar (BAB) dapat juga anda atasi dengan meminum air perasan jeruk nipis.

Hal ini dikarenakan kandungan asam di dalam jeruk nipis dapat membantu air liur (saliva) memcah makanan dan merangsang pergerakan usus anda.

Selain itu kandungan flavonoidnya dapat merangsang pengeluaran enzim – enzim pencernaan sehingga memperlancar pengeluaran sampah makanan di dalam perut anda.

3. Meremajakan kulit

Bagi anda yang ngin meremajakan kulit dengan alami anda dapat menggunakan jeruk nipis sebagai bahan alami dalam perawatan kuit anda.

Cukup dengan meminum air perasan jeruk nipis anda dapat membantu meremajakan kulit dan menghidrasi kulit anda. Jeruk nipis terkenal sebagai salah satu bahan alami untuk mengatasi masalah jerawat.

Tetapi, jangan langsung mengoleskan air perasan jeruk nipis ke kulit anda bila anda terpapar langsung dengan sinar matahari karena dapat mengakibatkan reaksi kulit terbakar atau peradangan karena bahan kimia pada buah jeruk yang terpapar sinar matahari.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jeruk nipis memiliki kandungan Vitamin C dan Antioksidan yang banyak.

Dengan kandungan Vitamin C dan Antioksidan di dalam buah jeruk dapat memperkuat sistem imun tubuh manusia dan meningkatkan produksi sel sehat yang dapat membunuh mikroba penyebab penyakit.

Sehingga dapat mempercepat penyembuhan tubuh anda dari penyakit contohnya flu dan pilek.

5. Membantu menurunkan berat badan

Bila anda ingin menurunkan berat badan menggunakan bahan alami mungkin jeruk nipis merupakan salah satu pilihan terbaik.

Kandungan asam sitrat yang dimiliki oleh jeruk nipis dapat meningkatkan sistem metabolism pada tubuh manusia sehingga dapat membantu anda dalam membakar lemak dan membakar.

Tapi, perlu di ingat meminum air perasan jeruk nipis ini hanya membantu anda menurunkan berat badan sehingga anda juga pastinya harus melakukan olahraga fisik dalam upaya untuk menurunkan berat badan.

6. Mengatasi peradangan

Penyakit peradangan seperti asam urat, radang sendi dan penyakit sendi lainnya sering dialami oleh manusia.

Untuk mengurangi gejalanya anda dapat mengkonsumsi air perasan jeruk nipis karena bila kita mendapatkan asupan vitamin C yang cukup setiap harinya maka akan terhidar dari penyakit peradangan.

Perlu anda ketahui juga apabila anda mengkonsumsi buah jeruk nipis secara berlebihanaan akan memberikan dampak negative juga bagi tubuh anda seperti :

7. Meyebabkan gigi rusak

Makanan dan minuman bersifa asam akan memberikan dampak negative bagi kesehatan gigi anda.

Hal ini dapat mengakibatkan enamel gigi menipis yang diakibatkan mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki rasa asam seperti jeruk nipis.

Enamel adalah lapisan luar gigi yang berfungsi untuk melindungi dan melapisi gigi. Apabila sudah sangat tipis maka akan mengakibatkan gigi menjadi rapuh dan keropos.

Untuk mengatasinya anda dapat meminum atau berkumur dengan air putih untuk menghilangkan efek tersebut dan jangan langsung menggosok gigi karena dapat mengakibatkan peningkata asam serta mengikis enamel lebih banyak karena sikatan pada gigi.

8. Meningkatkan asam lambung

Jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat lebih banyak dibandingkan jeruk lainnya.

Karena itu bila kita mengkonsumsi air perasan jeruk nipis terlalu banyak mengakibatkan sakit perut dan bahkan dapat mengakibatkan asam lambung naik.

Bila anda memiliki masalah dengan asam lambung atau masalah pencernaan lainnya sebaiknya menghindari mengkonsumsi makanan atau minuman asam. Karena dapat menyebabkan penyakit anda bertambah parah.

Itulah 8 manfaat dan dampak negatif mengkonsumsi jeruk nipis yang mungkin bermanfaat bagi anda semua. Namun, sangat disarankan apabila menderita gejala sakit apapun supaya menghubungi ahli kesehatan untuk nerkonsultasi dengan ahlinya.

✓ 8 Manfaat dan Dampak Negatif Mengkonsumsi Jeruk Nipis 2

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More