Negara-negara yang terapkan lockdown coronavirus cegah penyebaran (COVID-19), apa itu lockdown?

3 119

Karena wabah coronavirus novel yang terus menyebar dengan cepat, sejumlah negara-negara yang terdampak virus corona baru terapkan .

Banyaknya korban akibat baru yang terus merambah keberbagai wilayah di dunia membuat beberapa negara menetapkan aturan ketat dengan memberlakukan penguncian “lockdown”. Dikutip dari businnessinsider, tercatat setidaknya (COVID-19) telah merenggut nyawa lebih dari 6500 korban meninggal dunia, dan lebih dari 169.000 orang telah terinfaksi virus COVID-19 di seluruh dunia.

Hal ini membuat sejumlah negara-negara di dunia menerapkan langkah-langkah untuk menghambat penyebaran virus corona baru, mulai dari sekolah-sekolah tutup hingga karantina nasional di negara tersebut. Negara-negara yang menerapkan penguncian bagi warganya untuk melakukan kegiatan di tempat ramai. Sejumlah negara dibawah ini telah menerapkan karantina masal terbesar dan paling ketat di dunia.

Negara-negara yang terapkan Lockdown Cegah penyebaran coronavirus

China

Situs berita Indiatimes dalam artikelnya berjudul “Chinas move to lockdown wuhan delayed spread of coronavirus outside study” memuat bahwa CHINA telah mengambil tindakan keras besar-besaran untuk mencegah penyebaran coronavirus terhadap provinsi Hubei dan ibukotanya, Wuhan, yang menempatkan lebih dari 50 juta orang di bawah status penguncian (lockdown) sejak 23 Januari 2020 sejak dimulainya penyebaran virus corona baru Desember lalu.

Italy

Portal berita bisnis luar negeri memuat berita terkait coronavirus dalam artikelnya “Italy’s 60 million citizens were put under a strict lockdown“. Seperti yang diberitakan dalam laman tersebut, Italia telah memberlakukan status lockdown yang membatasi hampir semua aspek kehidupan bagi 60 juta warganya sejak tanggal 10 Maret 2020 lalu untuk mencegah penularan coronavirus dimana hal ini terdampak pada penutupan sejumlah tempat umum seperti Mall, tempat wisata, tempat ibadah hingga transportasi umum dan penjara.

El Salvador

Dutip dari situs axios (12/03/2020), dalam laman berjudul “El Salvador declares quarantine without confirmed coronavirus cases” memberitakan bahwa Presiden El Salvador, Nayib Bukele menyatakan karantina nasional 21 hari untuk mencegah penyebaran coronavirus meskipun negara El Salvador belum tercatat sebagai salah satu negara yang memiliki kasus coronavirus terkonfirmasi. Pernyataan tersebut disampaikan presiden El Salvador melalui akun Twitter setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan wabah coronavirus pandemi.

Pernyataan Presiden El Salvador, Nayib Bukele yang menyatakan El Salvador lockdown (karantina) nasional 21 hari terkait Coronavirus dalam akun Twitter

Denmark

Dalam laman situs TV 2 nyheder.tv2.dk yang berjudul “Danmark lukker ned: Her er regeringens nye tiltag” terpampang beberapa himbauan terkait lockdown coronavirus di Denmark. Tercatat hingga tanggal pada hari lebih dari 514 orang terinfeksi virus corona ditemukan di Denmark.

Untuk mencegah penyebaran coronavirus di negara tersebut, pemerintah Denmark menerapkan status lockdown selama dua minggu yang dimulai sejak hari Jum’at 13 Maret 2020.

Aturan yang diterapkan pemerintah Denmark membuat beberapa tempat publik tutup antara lain sekolah-sekolah, tempat penitipan anak, perpustakaan, tempat rekreasi, serta pembatasan penggunaan transportasi umum. Selain itu, para pegawai swasta dan pegawai publik yang tidak memiliki fungsi kritis dirumahkan selama dua minggu.

Prancis

Menurut laman berita Finansial Times dalam laman berita “Millions confined to home after Spain and France impose coronavirus lockdown“, setidaknya lebih dari 91 orang meninggal dunia karena coronavirus di Prancis. Untuk mencegah penyebaran coronavirus yang lebih luas membuat perdana menteri prancis Edouard Philippe mendesak semua warganya untuk keluar rumah, kecuali untuk belanja makanan dan berolahraga. Namun, penerapan status lockdown perdana menteri Prancis hanya bertahan beberapa jam dikarenakan adanya pemungutan suara pemilihan kota nasional.

Selain negara-negara diatas masih ada terdapat negara-negara lain yang terapkan lockdown sebagai upaya atau tindakan untuk cegah penyebaran coronavirus seperti Selandia Baru, Polandia, Irlandia, Spanyol. Di Indonesia sendiri beberapa pemerintah daerah telah menetapkan pembatasan sebagai langkah untuk mencegah penyebaran coronavirus dengan memberlakukan sekolah libur selama dua minggu di beberapa wilayah seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah dan beberapa wilayah lain di tanah air.

Daftar Negara lainnya yang terapkan lockdown untuk mencegah penularan covid-19

Berita terbaru yang dimuat laman NewYork Times, saat ini status pembatasan untuk mencegah penyebaran coronvirus sudah merambah ke negara Afrika seperti Kenya yang pada 15 Maret menerapkan pembatasan hanya warga negara disana yang diizinkan masuk ke negara itu selama 30 hari, Namibia yang menangguhkan sejumlah penerbangan dari Qatar, Ethiopia dan Jerman selam 30 hari. Maroko, melakukan pembatasan sejumlah penerbangan ke Aljazair, Belgia, Cina, Prancis, Jerman, Italia, Belanda, Spanyol dan Portugal.

Afrika Selatan juga melakukan tindakan pembatasan untuk mengurangi dan mencegah penyebaran coronavirus dengan menerapkan aturan menolak visa pelancong yang datang ke negara tersebut yang sebelumnya telah mengunjungi negara-negara beresiko tinggi terinfeksi virus korona selama 20 hari terakhir.

Negara-negara Benua Amerika yang terapkan lockdown antara lain Argentina, Brazil, Kanada, Kolombia, Guatemala, Meksiko, dan Peru. Sedangkan Amerika Serikat sudah menerapkan larangan masuknya semua warga asing yang telah mengunjungi negara Cina, Iran dan sejumlah negara Eropa yang terkonfirmasi memiliki kasus coronavirus (COVID-19) selama 14 hari sebelumnya.

Negara-negara lain yang memberlakukan pembatasan antara lain Uruguay, Venezuela, India, Jepang, Myanmar, Singapura, Korea Selatan, Thailand, Vietnam, Australia, Israel, Yordania, Libanon, Arab Saudi, Austria, Kroasia, Republik Ceko, Jerman, Latvia, Belanda, Norway, Rusia, Slovakia, Swiss, Turki, dan Ukraina.

Apa Itu Lockdown?

Lockdown menurut Wikipedia, adalah protokol darurat yang biasanya mencegah orang atau informasi meninggalkan suatu area. Protokol lockdown biasanya hanya dapat diprakarsai oleh seseorang dalam posisi otoritas. Sedangkan menurut Merriam Webster, Lockdown terdapat dua definisi yaitu:

  1. Penguncian kurungan tahanan ke sel mereka untuk semua atau sebagian besar hari sebagai tindakan keamanan sementara.
  2. Kuncian, tindakan darurat atau kondisi di mana orang-orang sementara dicegah memasuki atau meninggalkan area atau bangunan terbatas (seperti sekolah) selama ancaman bahaya.
Artikel pilihan:

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More