Istilah dalam Perusahaan Sekuritas

0 17
83 / 100 Skor SEO

Istilah dalam Perusahaan Sekuritas – Perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang bergerak di bidang transaksi jual beli efek. Namun perusahaan ini tidak hanya melakukan transaksi jual beli efek, perusahaan sekuritas juga menawarkan jasa sebagai perantara antara investor dengan dalam melakukan transaksi jual beli efek. Pada bidang ini, ada beberapa istilah yang perlu dipahami untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perusahaan sekuritas ini. Berikut beberapa istilah tersebut :

Dealer

Dealer adalah organisasi yang membeli atau menjual sekuritas dari portofolio yang diterbitkan oleh mereka sendiri untuk kemudia ditawarkan kembali kepada investor yang akan membeli.

Pialang

Pialang yaitu organisasi yang melakukan transaksi efek pada pihak investor, seperti membeli, menjual, dan memperdagangkan portofolio investasi.

Broker dealer

Ini adalah organisasi yang mengombinasikan antara pialang dan dealer.  Organisasi broker dealer ini akan menjadi perantara yang menyediakan layanan sekuritas seperti pemberian rekomendasi, analisis , dan layanan lainnya baik bagi perusahaan maupun individu.

Artikel Terkait:  Mengenal Venture Capital dalam Startup

Setelah mengetahui beberapa hal mengenai beberapa istilah dalam perusahaan sekuritas. Kemudian, apa saja kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan sekuritas ini? Ada dua kegiatan utama yang dimiliki oleh perusahaan sekuritas, yaitu perantara perdagangan efek dan penjamin emisis efek. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai dua kegiatan usaha perusahaan sekuritas :

Perantara perdagangan efek

Berperan sebagai perantara perdagangan efek, perusahaan sekuritas ini bertanggung jawab pada dua hal, yaitu pelaksanaan kegiatan jual beli efek atau surat berharga yang dapat dilakukan untuk kepentingan sendiri maupun untuk kepentingan pihak lain dan pelaksanaan jual beli dan yang dapat dilaksanakan melalui bursa efek atau di luar bursa efek.

Penjamin emisi efek

Tanggung jawab utama perusahaan sekuritas sebagai penjamin emisi efek ialah membantu calon emiten dalam pelaksanaan penawaran umum (IPO), dengan atau tanpa kewajiban untuk membeli efek yang tidak terjual.

Setelah memahami informasi dasar mengenai apa saja kegiatan serta istilah dalam perusahaan sekuritas, maka selanjutnya harus diketahui adalah bagaimana menentukan perusahaan sekuritas yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Tentunya setiap perusahaan sekuritas menawarkan layanan serta memiliki kinerja yang berbeda antara satu dengan yang lainnya,. Para perusahaan  sekuritas ini saling berkompetisi untuk menawarkan layanannya.

Artikel Terkait:  Travel Jakarta Cianjur dan Bus dari Cianjur ke Jakarta 2019

Beberapa faktor yang harus diperhatikan ketika memilih sebuah perusahaan sekuritas

Terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan ketika memilih sebuah perusahaan sekuritas. Berikut diantara faktor tersebut :

1. Reputasi dan pengalaman

Reputasi yang baik akan terbentuk jika perusahaan memiliki kinerja yang baik pula. Memilih perusahaan sekuritas yang memiliki reputasi merupakan hal yang paling penting. Setiap perusahan sekuritas pasti pernah terkena sanksi oleh OJK. Tetapi perusahaan yang lebih bersih dari sanksi menunjukkan bahwa perusahaan tersebut lebih komitmen terhadap peraturan.

2. Kompetensi

Kompetensi dari perusahaan sekuritas dilihat dari kemampuan analisisnya yang tinggi dan tepat. Kemampuan analisis ini dinilai oleh tim analisis peneliti.

3. Biaya

Ini merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Tentunya biaya seorang broker atau pialang dalam bentuk komisi atas setiap transaksi yang dilakukan, dapat sangat menentukan apakah layanan merekan akan dipakai. Pilihlah perusahaan yang menawarkan biaya yang terendah tanpa harus mengorbankan kualitas pelayanannya.

Artikel Terkait:  Lowongan Kerja Rekam Medis Rumah Sakit DR Hafiz Cianjur 2019

4. Perizinan

Pastikan bahwa kita dapat memberikan kepercayaan pada perusahaan sekuritas yang legal serta pialang yang telah memiliki perizinan. Perizinan ini akan membantu jika terjadinya penipuan atau kesalahan yang dapat merugikan.

5. Modal dan likuiditas

Modal dan likuiditas ini memiliki hubungan yang sejajar. Semakin besar modal yang dimiliki oleh perusahaan sekuritas, semakin kuat pula perusahaan tersebut. Modal yang besar menunjukkan bahwa perusahaan tersebut dapat melakukan banyak transaksi dan aktivitas .

Salah satu perusahaan sekuritas di Indonesia yang terpercaya dan memiliki layanan solusi yang komprehensif adalah Mandiri Sekuritas.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More