✓ How To Import WordPress Content: Cara Impor Post WordPress dan Seluruh Konten 2019

0 72

How to import WordPress Content atau bagaimana cara impor post WordPress dan semua isi didalamnyat pertanyaan itu mungkin masih mengganjal bagi yang baru membuat website dengan WordPress yang pertama kali ingin memindahkan situs lama ke situs yang baru.

Untuk itu, melanjutkan session tutorial WordPress: Panduan WordPress Lengkap untuk Pemula, maka kali ini BLOGalviya akan membahas tentang cara import post WordPress dan semua isi konten didalamnya.

Seperti yang sudah diketahui, dalam proses migrasi website WordPress lama ke situs WordPress baru dalam layanan hosting lain diperlukan dua tindakan utama yang harus dilakukan untuk melakukannya yaitu:

1. Export WordPress

Export WordPress merupakan proses untuk mengambil atau menarik seluruh isi artikel dan konten WordPress lama yang ingin di pindahkan ke website WordPress baru.

2. Import WordPress

Kebalikan dari Export WordPress, Import WordPress yaitu proses menempatkan file WordPress lama ke situs WordPress baru.

Harap catat, cara import WordPress ini proses untuk situs WordPress self-hosted, jadi Anda harus memiliki hosting terlebih dahulu.

Lalu bagaimana cara import content WordPress serta semua file didalam situs WordPress lama ke WordPress baru?

Bagi yang orang-orang yang baru pertama ingin memindahkan wesite WordPress mereka, hal ini bisa jadi salah satu hal yang menyulitkan untuk dilakukan. Meskipun sebenarnya melakukan export import WordPress tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

Untuk melakukan import WordPress serta semua isinya seperti artikel, laman, tag dan kategori maupun lainnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

How To Import WordPress Content

1. Export Content WordPress Lama Sebelum Melakukan Import

Langkah pertama silahkan melakukan export WordPress lama untuk mendownload semua isi artikel dan semua konten didalamnya. Untuk caranya bisa mengikuti langkah-langkahnya silahkan baca cara export post WordPress.

2. Melakukan Import WordPress ke Situs Baru

Setelah seluruh isi artikel dan konten dari WordPress lama disimpan dalam format file XML kedalam komputer lokal anda melalui proses export tadi, sekarang saatnya untuk memindahkan konten dari website WordPress lama ke website WordPress yang baru dengan mengimpor file hasil download tadi.

Untuk melakukan import WordPress semua isi konten didalamnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke akun WordPress yang baru sebagai administrator.
  • Pilih menu Tools > Import.
  • Klik pilihan WordPress pada halaman Tools. Catatan: Jika WordPress baru anda belum terinstal plugin WordPress Importer, maka anda harus menginstal plugin ini. Silahkan klik instal plugin WordPress Importer.
how to import wordpress content and all of its contents
  • Setelah pugin WordPress Importer terinstal, silahkan buka halaman Tools >> Import >> Run Importer.
How do I import data into WordPress
  • Lalu tekan tombol Choose File dan pilih file XML hasil Export WordPress yang sudah Anda simpan dalam penyimpanan komputer lokal.
  • Selanjutnya tekan tombol Open.
  • Lanjut proses import WordPress dengan menekan tombol Upload file and import.
  • Tunggu beberapa saat maka Anda akan melihat halaman Assign Authors.
  • Klik kotak Download and import file attachments supaya file-file seperti post, page, serta gambar yang terdapat pada situs WordPress sebelumnya ikut diimpor / terdownload.
  • Silahkan sesuaikan nama penulis untuk menentukan Assign Authors post yang nantinya terimport dengan membuat user baru, atau bisa juga menggunakan nama user yang sudah ada.
  • Terakhir tekan tombol Submit untuk mengimpor konten WordPress anda.

Setelah melalui proses langkah-langkah how to import WordPress content: cara impor post WordPress dan seluruh konten diatas, maka beberapa saat kemudian seluruh konten di situs lama akan terimport dan tersedia didalam situs WordPress baru dan proses import post WordPress seperti pos laman, artikel hingga gambar selesai.

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More