Gerhana Matahari Total Rabu 9 Maret 2016

8 8

Gerhana Matahari Total (GMT) adalah peristiwa alam yang terjadi dalam kurun waktu tertentu. Dan tahun ini (GMT) akan kembali terjadi pada 9 Maret 2016, Gerhana Matahari Total tahun ini diperkirakan akan melintasi 11 wilayah di Indonesia.
Bagi anda yang mau melihat peristiwa Gerhana Matahari Total pada tanggal 9 Maret 2016 nanti, berikut wilayah-wilayah yang akan alami GMT siapa tahu anda berada di salah satu wilayah yang akan alami Gerhana Matahari Total nanti.

Gerhana Matahari Total 2016
Sumber gambar: id.wikipedi

Pusat Sains Antariksa, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), menyebutkan 11 wilayah yang akan mengalami Gerhana Matahari Total adalah:
1. Palembang
2. Belitung
3. Balikpapan
4. Luwuk
5. Sampit
6. Palu
7. Ternate
8. Bangka
9. Palangkaraya
10. Poso
11. Halmahera

Sementara itu, 11 wilayah lainnya yang akan alami sebagian Gerhana Matahari adalah wilayah:
1. Padang
2. Bandung
3. Denpasar
4. Kupang
5. Surabaya
6. Banjarmasin
7. Manado
8. Jakarta
9. Pontianak
10. Makassar
11. Ambon

Menurut Lapan, peristiwa GMT diperkirakan rata-rata akan terjadi selama 2-menit ditiap wilayah dan wilayah yang diperkirakan paling lama alami GMT adalah wilayah Luwuk, Sulawesi Tengah, wilayah ink diperkirakan akan alami GMT selama 2 menit 50 detik, lalu disusul Ternate selama 2 menit 39 detik, dan Poso selama 2 menit 40 detik.

Selama abad ke-20 kurun waktu 1900–1999 telah terjadi gerhana bulan sebanyak 224 kali dan gerhana matahari sebanyak 224 kali, di Indonesia sendiri terakhir kali terjadi pada tanggal 11 Juni 1983.

Gerhana Matahari terjadi ketika piringan bulan menutupi sebagian atau keseluruhan piringan matahari dan terjadi pada fase bulan baru ketika bulan berada di antara bumi dan matahari.

Pihak Kementerian Pariwisata menyatakan siap untuk mendukung kegiatan promosi hingga saat puncak peristiwa Gerhana Matahari Total yang akan terrjadi pada hari selasa esok tanggal 9 Maret 2016.

Nah, sobat itulah 11 wilayah yang diperkirakan akan alami Gerhana Matari Total (GMT) 2016 bagi yang berada diantara 11 wilayah terjadinya Gerhana Matahari Total Rabu 9 Maret  2016  esok siap-siap ya untuk melihat peristiwa alam ini jangan sampai terlewatkan.
Jangan lupa kunjungi Fuyukai
Penulis : AlviyatuN
Sumber: batam.tribunnews.com

DMCA.com Protection Status

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More