Fix Breadcrumbs Markups Missing field ‘item name’ di Search Console

5 1.531
70 / 100 Skor

Jika anda adalah pemilik yang sudah verifikasi website di Google Webmaster dan mendapati notifikasi “Fix markups”. Itu artinya ada kesalahan pada postingan anda yang mana hal ini akan berdampak pada tidak munculnya fitur kaya jenis halaman di mesin pencarian menggunakan BreadcrumbList -Type item name untuk menampilkan kategori.

Munculnya notifikasi ini menunjukan bahwa sistem mendeteksi adanya kesalahan pada artikel yang diterbitkan. Hal ini akan mempengaruhi “rich result features” jenis pada hasil pencarian untuk halaman posting di mesin pencarian.

Contoh notifikasi biasanya seperti ini:

“Google systems show that your site is affected by 151 instances of Breadcrumbs markups issues. This means that your Breadcrumbs pages might not appear as rich results in Google Search.

Search Console has created a new report just for this rich result type. The new report enables you to identify, fix, and resubmit affected pages to Google so they can start appearing in Search Results with rich result features.”

Google

Dengan adanya notifikasi dari bahwa situs Anda dipengaruhi oleh masalah markup Breadcrumbs. Ini berarti bahwa anda harus segera mengidentifikasi, memperbaiki, dan mengirim kembali halaman yang terpengaruh dengan masalah halaman Breadcrumbs markup.

Artikel Terkait:  Featured Snippet, Peluang Website Mendapat Lebih Banyak Pengunjung dari halaman 1 Google

Selanjutnya submit ulang halaman ke melalui fitur “inspect url” di Search Console agar halaman bisa tampil di hasil pencarian Google dengan fitur hasil yang kaya “rich result features” markup breadcrumbs.

Validate Fix / Cara Memperbaiki Notif Error Breadcrumbs Markups di Search Console

Cara memperbaiki breadcrumbs markup di search console sebetulnya sangat mudah. Berikut ini caranya:

1. Identifikasi Halaman yang terpengaruh Breadcrumbs Markup ‘name’ or ‘item.name’ di Search Console

  1. Masuk akun google search console.
  2. Klik pilih property domain.
  3. Pilih breadcrumbs.
  4. Klik pada table Error Either ‘name’ or ‘item.name’ should be specified.
  5. Klik notif kesalahan pada url halaman.
  6. Klik inspect kanan bawah atau bisa cek url melalui Google structure data testing.
Artikel Terkait:  Cara Merubah Link Url Postingan

Setelah identifikasi halaman di search console maupun structure data testing, maka kita akan tahu letak kesalahan pada breadcrumbs markup ‘name’ or ‘item.name’ yaitu pada bidang kategory.
Seperti contoh diatas, pada salah satu artikel saya yang berjudul masalah pertanian dan solusinya ternyata tidak memiliki kategory (gambar nanti menyusul ya).

2. Perbaiki halaman yang terpengaruh (khusus )

  • Masuk Admin.
  • Pilih Post
  • Edit postingan yang bermasalah dengan markup breadcrumbs tadi
  • Berikan atau ceklis kategory (dalam hal ini saya menggunakan TOPIK sebagai kategori) pada kolom kategori di bilah samping kanan. Ubtuk pengguna silahkan isi nama LABEL pada postingan disebelah kanan.
  • Klik post.

3. Validate Fix atau Submit ulang halaman di Search Console melalui inspect url

Setelah halaman diperbaiki dan sudah diberikan label kategory. Langkah selanjutnya submit ulang halaman yang sudah diedit dengan cara membuka kembali halaman google search console> inspect url. Cara lainnya yaitu dengan “Validate Fix” kanan atas (setelah step keempat pada langkah pertama).

Artikel Terkait:  Berapakah Keyword Density / Kepadatan kata Kunci Ideal untuk SEO Blog?

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More