Cek IMEI di kemenperin sebelum membeli ponsel, jika tidak terdaftar jaringan internet bakal diblokir

0 141
66 / 100 Skor SEO

Mau ganti handphone baru? dulu sebelum membeli ponsel, apakah IMEI ponsel terdaftar di kemenperin atau tidak! Jika nomor IMEI ponsel tidak terdaftar di situs imei.kemenperin.go.id, jaringan seluler hp bakal diblokir pemerintah.

Mengetahui nomor IMEI ponsel yang akan dibeli sangat penting dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah gadget yang akan dibeli merupakan ponsel black market atau legal!

Selain itu, ponsel yang nomor IMEI-nya tidak terdaftar di basis data Kementerian Perindustrian tidak akan dapat terhubung dengan jaringan seluler operator manapun mulai tanggal 18 April nanti.

Hal ini berkaitan dengan adanya kebijakan baru pemerintah yang akan mulai memberlakukan pemblokiran jaringan ponsel yang tidak terdaftar di di basis data Kementerian Perindustrian. Aturan mengenai imei yang disahkan oleh Kominfo, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Perdagangan sejak 18 Oktober 2019 ini akan diterapkan mulai tanggal 18 April 2020 mendatang.

Artikel Terkait:  P30 dan P30 PRO Besutan Huawei

Dikutip dari KOMPAS.com (28/02/2020), Mulai tanggal 18 April 2020, pemerintah Indonesia akan melakukan pemblokiran terhadap ponsel black market (BM) melalui identifikasi nomor IMEI.

Nomor International Equipment Identity (IMEI) adalah atau nomor seri unik yang dimiliki semua ponsel dan telepon pintar. Nomor IMEI digunakan untuk mengidentifikasi ponsel 3GPP dan iDEN, serta beberapa telepon satelit.

Panjang nomor IMEI biasanya terdiri dari 15 digit. Nomor IMEI dapat ditemukan pada stiker perak pada bagian belakang ponsel Anda, di bawah paket baterai, atau pada kotak box ponsel.

Kebijakan pemerintah tentang aturan IMEI ini dimaksudkan untuk membantu konsumen mengetahui apakah ponsel yang akan dibeli ilegal atau tidak.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More