Cara Upload Video YouTube Bebas Klaim Hak Cipta Agar Bisa Dimonetisasi

Cara Upload YouTube Bebas Klaim Hak Cipta – Sebagai YouTube Creator, pernah nggak dibuat kaget karena video yang di upload kena klaim hak cipta? Jika iya, maka anda harus buru-buru mengatasinya. Berbekal video original mungkin masih bisa mengajukan banding. Ajukan banding cara ini mungkin pernah berulang kali anda coba tapi tetap saja gagal karena ada faktor lain misalnya lisensi terkait konten audio.

Untuk itu harus hati-hati jika mau mengupload video ke YouTube. Jika video tersebut terkait dengan lisensi konten lain, bisa saja Anda melanggar hak cipta. Jika melanggar hak cipta audiovisual atas setiap video yang diupload akan berisiko channel atau bahkan akun YouTube dinonaktifkan. Lalu bagaimana cara mengatasi klaim hak cipta (copyright) ? Berikut ini panduan cara upload video YouTube bebas klaim hak cipta;

Cara upload video YouTube bebas klaim hak cipta

Berikut ini cara menghapus lagu berhak cipta video YouTube:

1. Login akun YouTube=> My Chanel=> Saluran Saya=> Pengelola Video=> Klik Edit Video atau klik Dropdown=> Audio

Iklan

Cara upload video youtube bebas klaim hak cipta
Cara Memonetisasi Video Youtube yang Mengandung Konten Audio Berhak Cipta Pihak Ketiga

2. Pada bagian edit setelan video silahkan Klik @HAK CIPTA bagian kanan atas seperti pada gambar diatas.

3. Selanjutnya Klik BUANG LAGU lalu ganti dengan lagu bebas hak cipta creative commons yang disediakan pihak YouTube didalam audio library, atau hanya hapus saja. Ini bertujuan supaya video yang diupload bebas klaim hak cipta audio dalam video.

Cara upload video youtube bebas klaim hak cipta

4. Selanjutnya silahkan Klik SIMPAN pada pojok kanan atas dan selesai.

Dengan cara diatas maka video anda sudah bebas dari masalah klaim hak cipta pihak ketiga dan dapat dimonetisasi dengan aman.

Catatan penulis:

dari internet salah satunya adalah dengan menjadi YouTuber. Menjadi YouTuber sendiri sangat mudah, cukup dengan mengupload dan memonetisasi video YouTube. Memonetisasi Video YouTube sendiri merupakan salah satu dari 5 cara menghasilkan uang dari  yaitu dengan cara mengaitkan akun youtube dan akun agar dapat menampilkan iklan yang relevan.

Namun untuk bisa memonetisasi video YouTube dan mendapatkan uang dari YouTube harus mengikuti pedoman tentang konten berhak cipta, sebab jika konten atau Video yang di Upload dan ingin dimonetisasi dengan AdSense melanggar pedoman, maka bukan hanya video tidak bisa dimonetisasi saja, melainkan akun AdSense bisa beresiko terkena banned, belum lagi tuntutan dari pihak ketiga yang memiliki hak cipta dari pihak ketiga atas konten Video tersebut.

Salah satu yang bisa membuat video melanggar hak cipta adalah adanya lagu atau audiovisual didalam video tersebut, jika ada potongan-potongan lagu didalam video maka video tersebut tidak dapat dimonetisasi meskipun video tersebut hasil rekaman original.

Nah, bagi anda YouTuber yang sudah mengupload video YouTube, namun video tersebut tidak bisa dimonetisasi karena ada audiovisual berhak cipta didalamnya, anda bisa mengatasinya dengan cara menghapus potongan lagu atau audiovisual didalam video tersebut seperti yang saya jelaskan diatas. Lalu bagaimana cara memonetisasi video YouTube yang mengandung konten Audio berhak cipta dari pihak ketiga? Caranya ya seperti diatas.

YouTuber tugasnya adalah memberikan konten untuk penggemar channel YouTube miliknya supaya pengikut channel dapat menonton video yang diupload secara gratis.

Banyak ide untuk menerbitkan video di YouTube, bagi penonton setia mereka misalnya membuat video dari acara tv, tutorial, atau bahkan video tentang aktifitas keseharian pemilik channel.

Jika saluran YouTube memberikan konten video yang menarik bagi penonton, maka lama kelamaan channel YouTube akan semakin banyak yang mengikuti.

Dengan jumlah pengikut dan jumlah viewer saluran YouTube telah memenuhi standar kelayakan monetisasi, pemilik channel dapat mengajukan permohonan monetisasi video mereka untuk mengubah video yang diupload menjadi sumber untuk menghasilkan uang.

Akan tetapi agar video dapat dimonetisasi dengan iklan AdSense, video yang di upload pemilik channel tidak boleh melanggar Copyright YouTube terutama masalah hak cipta.

Jika video didalam channel YouTube mengalami pelanggaran hak cipta secara otomatis video tidak dapat dimonetisasi dengan iklan AdSense.

Demikian cara upload video YouTube bebas klaim hak cipta agar bisa dimonetisasi. Semoga artikel ini dapat membantu YouTuber untuk mengatasi video YouTube yang tidak dapat dimonetisasi karena ada konten audiovisual berhak cipta. Sekian uraian singkat cara menghapus lagu berhak cipta pada video YouTube yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat.
(www.alviya.com/alviyatun.blogspot.com)

DMCA.com Protection Status

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 Comments
  1. Budi Sanjaya says

    Ini lho tutorial yang saya cari. makasih mbak sudah share. http://www.androsoftware.xyz/

  2. mugianto.web.id says

    Emang deh paling manteb ibu yang satu ini, cuma masalahnya konten video saya yang bermasalah jadi bingung hikz terpaksa delete Videonya deh

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More