Cara Tepat Merawat Mobil Matic

0 41

Seperti yang dikutip dari berita terbaru, yang mengatakan bahwa saat ini sudah menjadi kebutuhan hidup bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal itu pun bisa kita lihat, dimana pasar mobil di Indonesia selalu di banjiri oleh -mobil keluaran terbaru dengan berbagai merk. Terutama untuk -mobil dengan transmisi otomatis ( matic), yang lebih banyak di minati daripada -mobil transmisi manual. Namun sayangnya, ternyata masih ada saja sebagian dari pemiliknya yang belum tahu tentang tata cara merawat matic dengan baik dan benar. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang cara merawat mobil matic dengan baik dan benar, mari sama-sama kita simak saja langsung penjelasannya di bawah ini :merawat mobil matic

1. Selalu Mengecek Performa Transmisi

Cara pertama yang harus anda ketahui dalam merawat matic, yakni dengan selalu mengecek performa transmisi. Dalam hal ini, sangat disarankan bagi anda untuk melakukan pengecekkan transmisinya secara rutin. Lantas, bagaimana cara mengeceknya? Nah, mengenai cara pengecekkannya, coba anda tempatkan pada tuas transmisi di posisi D atau R, selanjutnya anda bisa melepas rem . Apabila matic anda langsung bergerak, maka matic anda tidak ada masalah dalam system transmisinya.

2. Cobalah Lakukan Tes Drive

Sebagai pemilik mobil matic, tentu saja anda harus sering-sering untuk melakukan tes drive alias pengujian jalan. Cara tes-nya juga cukup mudah, dimana anda seolah-olah seperti ingin menjalankan mobil matic anda. Untuk perawatan mobil matic selanjutnya, anda harus mencoba memindahkan perseneleng mobil matic. Dengan demikian, anda pun dapat mengetahui dan merasakan bahwa perseneleng bisa bekerja dengan baik. Namun apabila anda mendengar suara yang aneh pada saat melakukan perpindahan perseneleng serta mobil terasa bergoncang sedikit, maka hal tersebut menandakan bahwa transmisi mobil matic sedang bermasalah.

3. Selalu Memanaskan Mobil Sebelum Berangkat

Cara berikutnya yang harus anda ketahui dalam merawat mobil matic, yakni selalu memanaskan mobilnya sebelum berangkat. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, kondisi mesin saat baru dinyalakan itu belum dalam keadaan maksimal, sehingga membutuhkan beberapa saat untuk memanaskan mobilnya. Jika anda terbiasa langsung berangkat tanpa memanaskan mobilnya terlebih dahulu, maka hal itu akan berdampak buruk pada kondisi mesinnya lho.

Artikel Terkait:  Ini Dia Cara Cara Yang Benar Didalam Proses Tukar Tambah Mobil Bekas

4. Selalu Mengecek Bagian Perseneleng

Dalam hal ini, sangat disarankan bagi anda untuk lebih sering melakukan pengecekan perseneleng mobil. Dengan kata lain, hindari pada penggunaan perseneleng “P” ketika mobil matic anda dalam keadaan berhenti. Mengapa demikian? Ya, apabila anda masih menggunakan peseneleng “P” saat mobilnya berhenti, tentu saja persenelengnya akan mengalami kerusakan yang cukup serius lho. Selain itu, anda juga jangan pernah menggunakan perseneleng “D” ketika memarkirkan mobil, karena bisa membuat kerusakan pada mobil anda. Saat memarkirkan mobil, sebaiknya anda menggunakan perseneleng “P”.

5. Pahami Kerusakan Mobil

Ketika sering terjadi Ketidak-komapkkan pada perputaran mesin dengan laju mobil matic, maka harus anda perhatikan bahwa rusaknya transmisi matic tersebut adalah bagian kopling yang slip. Ya, kopling yang mengalami slip ini akan memubuat suara mesin menjadi kasar saat dikemudikan dengan kecepatan tinggi, sehingga laju mobil tidak seimbang dengan hentakan gigi perneling saat di pindahkan.

Artikel Terkait:  Ini Dia Pentingnya Punya Anti Gores Pada Kaca Spion Mobil

Itulah beberapa cara yang baik dan benar dalam merawat mobil matic yang harus anda ketahui. Dengan mengikuti cara-cara di atas tersebut, maka kondisi mobil matic anda pun akan senantiasa tetap prima.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More