Cara Menggunakan Aplikasi Gojek Driver Terbaru 2019 Bagi Pemula 1

Cara Menggunakan Aplikasi Gojek Driver Terbaru 2019 Bagi Pemula

0 92

Cara menggunakan aplikasi gojek driver – Menjadi Driver Gojek dalam bisnis kasat mata salah satu contoh bisnis dalam kegiatan e-commerce memang tidak mudah. Apalagi jika Kamu driver Gojek pemula, ada sistem Aplikasi Driver Gojek yang harus Kamu pelajari mulai dari menerima pesanan, etika, dan berbagi hal yang harus Kamu perhatikan sebelum menerima pesanan.

Untuk itu, berikut Kami berikan panduan lengkap berdasarkan pengalaman mengenai cara menggunakan aplikasi Driver Gojek dari menerima pesanan, mengakhiri pesanan, hingga sistem pembayaran.

hal yang harus diperhatikan sebelum menerima orderan bagi pemula

Untuk Kamu yang baru pertama kali menggunakan layanan aplikasi driver Gojek, ada 4 hal penting yang harus Kamu perhatikan sebelum menerima orderan atau pesanan Go-Drive dari costumer. 4 hal tersebut diantaranya :

  1. Status akun Kamu harus aktif (ON) sebelum mulai menjalankan order.
  2. Ubah status aplikasi menjadi tidak aktif (OFF) jika Kamu belum siap menerima orderan, misalkan sedang dalam keadaan gawat, dan lain-lain.
  3. Jangan terlalu sering mengabaikan orderan yang bisa menyebabkan Akun kamu terkena suspend selama 15 menit.
  4. Pelajari sebentar rute yang akan Kamu gunakan sebelum mengantar costumer.

Selain itu, Kamu juga harus mengetahui fitur-fitur yang ada di aplikasi Gojek Drive yang sudah updateable di tahun 2019. Berikut adalah fitur-fitur lama dan baru yang ada di aplikasi Gojek Drive yang wajib dipelajari driver pemula.

Cara-menggunakan-Aplikasi-Gojek-Driver-Bagi-Pemula-petunjuk-hingga-jika-sudah-sampai-di-lokasi-customer
  1. Titik Biru : Informasi “Lokasi Jemput” atau “Titik Jemput” Costumer atau pelanggan yang sedang memesan layanan Go-Drive
  2. Titik Oranye : Informasi “Lokasi Tujuan” atau tempat yang ingin dituju oleh Costumer
  3. Jarak : Informasi “Jarak” antara “lokasi penjemputan” dengan “lokasi pengantaran”
  4. Nom or Order : berfungsi sebagai kuitansi orderan yang Kamu jalankan, Jika saldo tidak masuk, Kamu bisa mengajukan banding kepada pihak Gojek
  5. Tarif : Biaya atau ongkos yang harus dibayarkan oleh Pelanggan (Perlu diingat bahwa harga yang tertera adalah harga setelah potongan komisi. Meskipun begitu, Kamu tetap akan mendapat poin tambahan yang bisa ditarik ke rekening)
  6. Jumlah Poin : Total Poin yang Kamu dapat jika menyelesaikan orderan tersebut
  7. Surge : Tingkat keramaian jalan yang akan Kamu lalui
  8. Simbol “X” : Fitur yang digunakan untuk mengabaikan orderan
  9. Angka hitungan Mundur di Sebelah Tombol “Terima” : Batas Waktu untuk menerima orderan, waktu terima orderan akan berlangsung selama 13 detik sampai Kamu mengambil order tersebut dengan menekan tombol “Terima”. Jika Tidak, Orderan yang masuk ke akun Kamu akan otomatis diabaikan dan orderan costumer akan diganti ke driver lain.
  10. Tombol ‘DARURAT’ (Muncul Saat Kamu sudah bertemu costumer dan menerima pesanan) : Antisipasi jika Kamu mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, tindakan kriminal, dll.

Lihat Gambar diatas

Cara Menerima Orderan Go-Drive untuk Pemula

Jika sudah memahami dengan benar hal apa saja yang harus dilakukan sebelum menerima orderan, berikut cara mudah dan sederhana menerima orderan Go-Drive untuk driver Gojek pemula.

Menerima Pesanan

  • Klik tombol “Terima” untuk mengambil orderan sebelum batas waktu habis.
Cara-menggunakan-Aplikasi-Gojek-Driver-Bagi-Pemula-terima-order

Gambar2

  • Informasikan kepada costumer bahwa Kamu akan menuju ke sana dengan sopan.
  • Klik “tombol navigasi” jika Kamu ingin melihat rute ke costumer dengan menggunakan peta navigasi.

Jika sudah Sampai di Lokasi Costumer

  • Bersikap biasa saja dan sopan kepada pelanggan, jangan gugup.
  • Informasikan kepada Pelanggan bahwa Kamu sudah berada di lokasi penjemputan melalui fitur pesan.
  • Jika Pelanggan Anda menggunakan fitur “Wave” Handphone milik pelanggan Kamu akan muncul warna khsuus sesuai dengan pesan yang dikirim pihak Gojek. Cari saja pelanggan Kamu dengan clue tersebut.
Cara-menggunakan-Aplikasi-Gojek-Driver-Bagi-Pemula-pesan-otomatis-ke-customer
  • Apabila Pelanggan tidak merespon chat Kamu lebih dari 5 menit, coba hubungi dengan menelfon pelanggan.
  • Jika masih tidak bisa dihubungi telfon kembali dengan jeda waktu 5 menit sebanyak 3x.
  • Jika masih tidak ada respon, Kamu bisa membatalkan pesanan dengan klik simbol “X” dan memilih alasan “Customer tidak dapat dihubungi”.
  • Namun jika Kamu sudah bertemu dengan pelanggan Geser notifikasi “Udah Sama Customer” dan mulai proses pengantaran.

Saat Mengantar Pelanggan

Kamu nggak perlu grogi saat mengantar costumer, cukup menjalankan apa yang diinginkan oleh costumer dan tetap menjaga keamanan berkendara. Selain itu, Kamu juga harus melihat etika berikut :

  1. Antar pelanggan ke lokasi dengan cepat dan tetap safety riding.
  2. Ajak ngobrol pelanggan, tapi jangan terlalu sering atau rempong.
  3. Pastikan semua sikap Kamu sudah memenuhi standar Driver Gojek.

Jika Orderan Telah Selesai

Ada hal penting yang harus Kamu lakukan jika telah menyelesaikan orderan. Jika tidak status pengantaran Kamu tidak akan dianggap selesai oleh aplikasi. Berikut cara menggunakan aplikasi gojek driver ketika menyelesaikan orderan :

  1. Ucapkan Terimakasih kepada pelanggan karena telah menggunakan layanan Go-Ride.
  2. Jangan Lupa Helm yang dikenakan pelanggan, jangan sampai terbawa, hehe.
  3. Jika sudah mengantarkan Pelanggan sampai di tempat tujuan, geser tombol “Selesai Antar” untuk menyelesaikan order
  4. Berikan penilaian kepada Pelanggan Kamu melalui fitur rating dengan skala 1 – 5 bintang.

Sistem Pembayaran Aplikasi Driver Gojek

Jika dalam sistem order Pelanggan membayar menggunakan GO-PAY, Kamu tidak perlu meminta uang tunai karena tarif yang harus dibayar pelanggan akan secara otomatis masuk ke saldo GO-PAY milik Kamu.

Namun jika pelanggan menggunakan metode pembayaran Tunai, Pelanggan harus membayar tarif sesuai informasi yang tertera pada aplikasi. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasan sistem pembayaran untuk driver Gojek :

Menggunakan GO-PAY

Jika Pelanggan menggunakan pembayaran uang tunai dan mendapatkan komisi atau potongan harga, maka nominal saldo GO-PAY yang akan masuk adalah jumlah potongan harga tersebut, baik itu diskon dan lain-lain.

Jika Pelanggan menggunakan pembayaran saldo GO-PAY, maka nominal yang diabayar oleh pelanggan diambil dari saldo GO-PAY pelanggan dan pendapatan ditransfer ke saldo GO-PAY Driver.

Tagih Tunai

Aplikasi akan menampilkan tarif yang perlu dibayarkan oleh Pelanggan kepada Kamu. Ada dua kasuss untuk pembayaran tagi tunai, diantaranya :

  1. Jika tarif tagih tunai tertera nominal lebih dari Rp. 0, informasikan kepada Pelanggan dengan sopan dan ramah bahwa Pelanggan harus membayar tarif tersebut secara tunai.
  2. Jika tarif tagih tunai tertera nominal Rp.0, Pelanggan tidak perlu membayar tagihan tunai dan Kamu tidak boleh meminta tarif apapun.

Untuk informasi lebih jelas mengenai sistem pembayaran dirver Gojek, Kamu bisa melihat simulasi pembayaran Gojek untuk pesanan Go-ride berikut.

Simulasi atau Contoh Pembayaran Aplikasi Driver Gojek

Misalkan Saya mendapatkan order GO-RIDE dan Pelanggan menggunakan pembayaran Uang Tunai berdasarkan data berikut :

Tarif Pelanggan sebesar Rp20.000

Voucher Pelanggan sebesar Rp10.000

Pendapatan Driver dipotongan komisi Gojek sebesar 20%. Maka, uang yang akan diterima oleh Driver adalah Rp. 16.000 (kalkulasi dari Rp. 20.000 – 20%). Pelanggan cukup membayar Rp. 10.000 secara tunai dan Kamu akan mendapatkan saldo GO-PAY sebesar Rp.6.000.

Cara Menggunakan Aplikasi Gojek Driver Terbaru 2019 Bagi Pemula 2

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More