Cara Membuat Subdomain di Blogger dengan DNS Management

Cara membuat subdomain di Blogger dari domain kita sendiri di DNS Management hosting tempat kita membeli domain untuk dipasang di blogspot sebetulnya sangat mudah, sudah banyak di buatkan -tutorialnya oleh para penyedia layanan Domain dan hosting itu sendiri, tidak sedikit pula para -blogger senior yang membuat cara membuat dan submit Subdomain diblogspot.

Cara Membuat Subdomain di Blogger dengan DNS Management IMG 20160220 074929

Cara Membuat Subdomain di Blogger

Proses xara membuat subdomain di blogspot sangatlah mudah, kita hanya perlu menambahkan lima Host Record Baru yang terdiri dari, empat A record serta  satu cname baru pada bagian cpanel. Bagi sobat blogger yang masih bingung bagaimana cara membuat subdomain di DNS management dan menambahkannya ke blogspot, anda bisa mencobanya dengan mengikuti tutorial berikut:

Masuk ke kontrol panel domain anda

Untuk menambahkan host record baru anda harus masuk lebih dulu ke kontrol panel domain anda, Karena layanan yang saya pergunakan  adalah niagahoster.com maka tampilan dan caranya seperti gambar diatas.

MEMBER AREA

Silahkan klik pada bagian MEMBER AREA (MY ACOUNT).

Manage Domain (KELOLA)

Lalu klik Manage Domain (KELOLA), silahkan anda pilih domain yang ingin anda edit pada DROPDOWN jika anda punya lebih dari satu Domain.

DNS MANAGEMENT

Selanjutnya klik DNS MANAGEMENT (All host records).

Tambahkan Host Record Baru di DNS domain

Sebagai catatan: tampilan pada setiap layanan penyedia Domain berbeda-beda, namun pada dasarnya sama saja!!
Untuk menambahkan lima host record baru tidak jauh berbeda seperti halnya pada waktu pertama kali melakukan custom domain. Hanya saja yang jadi perbedaan adalah pada saat mengisi bagian CNAME pada bagian host yang biasanya diisi dengan “www” untuk Domain utama, maka disini kita harus mengisinya dengan “www.catatan”. Dan di bagian A (Address) yang biasanya diisi dengan simbol “@” maka untuk subdomain kita isi dengan nama yang nanti mau dijadikan sebagai subdomain, contoh yang saya pakai disini adalah kata “catatan” sebagai subdomain. Silahkan anda sesuaikan dengan keinginan anda. jika semuanya sudah, Anda tinggal klik pada bagian Save Changes.

Submit Subdomain ke Blogspot

Langkah selanjutnya, untuk menambahkan subdomain pada blogspot cukup mudah, berbeda jauh dengan  saat pertama kali Custom Domain yang harus verifikasi cpanel dan dasbor blogspot disini anda hanya perlu menambahkan Subdomain tadi. Caranya buka akun blogger anda setelah itu Klik Setelan > Dasar > Tambahkan Domain Khusus > Alihkan ke Setelan Lanjutan. Selanjutnya anda tinggal masukan alamat url subdomain anda, contoh yang saya pakai disini adalah www.catatan.alviya.com.Jangan sampai lupa ya untuk menyertakan “www.” Jika sudah, silahkan klik Simpan.
Setelah proses submit subdomain selesai anda tinggal menunggu waktu maksimal selama 24jam hingga proses resolved DNS selesai. Anda bisa lihat Contoh subdomain saya yaitu, www.catatan.alviya.com (sudah dihapus).

Demikian artikel Cara Membuat Subdomain untuk Blogspot yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat.
Baca juga posting lainnya: Tips memilih nama domain untuk bisnis.

DMCA.com Protection Status
Artikel pilihan:

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More