Tutorial Cara Membuat Blog di Blogger.com Gratis untuk Pemula

1 164
90 / 100 Skor SEO

Tertarik untuk membuat akun blog gratis blogspot untuk blog pribadi kamu, untuk jualan produk, website bisnis atau sekedar jadi diary curhatan? Silakan baca dan ikuti langkah demi langkah  atau panduan lengkap untuk cara membuat blog gratis di .com beserta gambar contoh langkah-langkahnya di bawah ini.

Membuat blog dan menulis konten masih sangat diminati. Hal ini dikarenakan masih bamyak ang tergiur dengan kata-kata dari berbagai pihak yang mengatakan bahwa banyak cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang. Itulah sebabnya masih banyak orang yang ingin mencoba untuk membuat akun blog dan mencoba peruntungan bermain adsense. Namun, ternyata masih banyak yang belum paham bagaimana cara membuat blog.

selain itu, kebanyakan yang ingin membuat blog memilih cara gratisan yang tidak perlu mengeluarkan uang pribadi untuk beli hosting dan domain.

Secara, uang yang harus dikeluarkan untuk beli web hosting dan domain memang terbilang lumayan mahal.

Belum lagi biaya perawatan dan lain-lain tentu jadi pertimbangan utama kenapa banyak (termasuk saya) yang memilih untuk membuat blog gratisan.

Saya pribadi awalnya membuat blog alviya ini dengan cara memanfaatkan platform blog gratisan menggunakan blogspot / .com karena alasan keuangan dan ingin yang gratis. Hehee…

Jika kamu salah satunya yang ingin memiliki blog pribadi untuk menulis tapi tidak memiliki uang untuk beli hosting masih bisa membuat blog gratisan sebagai permulaan. Masih belum paham bagaimana cara membuat blog di google? Tenang, artikel ini saya terbitkan memang khusus kamu yang ingin membuat blog keren tapi tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis menggunakan layanan google.

Cara membuat blog gratis yang bisa kamu manfaatkan salah satunya yaitu tadi menggunakan platform gratisan milik Google yaitu blogspot alias .com.

Blogger.com atau Blogspot adalah platform blog yang cocok untuk yang ingin belajar membuat blog karena platform ini 100% free alias gratis untuk menyimpan data-data blog nantinya.

Langkah-langkah cara membuat blog di Blogspot (Blogger.com) Gratis untuk

Cara membuat blog di blogger.com.

Pastikan anda memiliki akun Google Mail (Gmail) sebelum melanjutkan proses cara membuat blog dengan 8 langkah mudah dibawah ini:

1. Siapkan Akun Google Mail (Gmail)

Cara membuat blog gratis di blogger.com, syarat pertama yaitu pastikan Anda sudah memiliki Email yang satu ini.
Jika Anda belum memiliki akun Gmail, Anda bisa membuatnya lebih dulu dan apabila Anda tidak tahu cara buat Gmail, Anda bisa membaca postingan  cara membuat Gmail.

2. Login Dasbor Blogger

cara membuat blog di blogger

Jika sudah memiliki Akun Gmail yang Anda buat tadi, lanjut ke langkah sekanjutnya yaitu cara membuat akun blogspot.

Untuk membuat akun blogspot sebagai blog pribadi maupun jualan, caranya adalah dengan mengunjungi halaman https://blogger.com pada peramban / browser Anda.
Masuk / login dasbor blogger dengan akun Gmail dan pasword Anda, atau bisa juga masuk melalui halaman dasbor Akun Google.

Nanti akan ada tampilan semua layanan yang terkait dengan akun Google Anda, salah satunya adalah blogger.com yang bisa digunakan untuk membuat blog gratisan.

3. Klik Panah Bawah Di Navigasi Sebelah Kiri

Setelah masuk ke dasbor blogger, silahkan klik panah pada bagian bawah navigasi sebelah kiri untuk menuju langkah selanjutnya dalam proses membuat blog pribadi gratisan yang Anda inginkan di blogspot.com.

Pada saat pertama masuk ke halaman dasbor blogger.com akan terlihat tulisan bahwa belum memiliki blog apapun.
Nah, untuk itu Anda harus membuat blog baru. Klik saja buat blog baru yang ada di Samping kiri.

4. Masukkan Nama Blog

Blog  tentu membutuhkan sebuah nama yang akan menjadi branding sebuah blog. Silakan masukan nama blog yang diinginkan, misalnya “blog saya” atau yang lainya.

5. Pilih Alamat URL Blog

Cara membuat blog di blogger.com.

Seperti halnya sebuah tempat tujuan, sebuah blog juga membutuhkan sebuah alamat untuk bisa diakses. Untuk itu buatlah alamat blog yang mudah dihafal dan juga mudah untuk diingat. Untuk membuat alamat blog saat membuat blog di blogsppot (blogger.com), silahkan masukan alamat url blog yang diinginkan misalnya “blogsaya.blogspot.com” atau apa saja terserah sobat. Url ini nantinya akan menjadi alamat saat blog sobat dibuka oleh pengguna.

Artikel Terkait:  Majukan Peternakan Indonesia Bersama Ilmuhewan.com

Seperti halnya sebuah tempat tujuan, sebuah blog juga membutuhkan sebuah alamat untuk bisa diakses. Untuk itu buatlah alamat blog yang mudah dihafal dan juga mudah untuk diingat. Untuk membuat alamat blog saat membuat blog di blogsppot (blogger.com), silahkan masukan alamat url blog yang diinginkan misalnya “blogsaya.blogspot.com” atau apa saja terserah sobat. Url ini nantinya akan menjadi alamat saat blog sobat dibuka oleh pengguna.

6. Pilih Tema Tampilan Blog

Cara membuat blog di blogger.com.

Untuk mempercantik tampilan blog, silahkan pilih tema blog yang menurut kamu bagus. Ada 11 kategori pilihan atau tema blog yang disediakan blogger mulai dari yang simple, travel, watermark, Dinamis dan lain-lain yang bisa Anda pilih sesuai selera Anda.

Setelah selesai membuat akun blog di blogger.com, Anda bisa sesuaikan blog sesuai gaya Anda sendiri, misalnya jika Anda Ingin mengganti thema, huruf, warna, latar belakang atau yang lain nya sesuai dengan kesukaan Anda sendiri. 

Pilihan tema yang bisa langsung diterapkan pada blog yang telah dibuat dan masih dapat diubah suaikan nanti. Jika ingin menggunakan blog pihak ketiga rekomendasi 5 template blogger responsive terbaik 2019 ini bisa jadi pilihan.

Langkah-langkah memilih tema tampilan di blogspot:
* Klik Theme blog di sebelah kiri
* Pilih template blog yang ingin digunakan
* Klik Terapkan Ke Blog

Baca juga artikel template blogger SEO friendly.

7. Pilih, Klik Buat Blog Baru

Silakan buat blog dengan cara klik buat blog baru pada bagian bawah setelah langkah – langkah diatas mulai dari isi nama blog, url blog dan memilih tema. Lihat gambar pada ( langkah memasukan alamat url blog ).

8. Membuat Postingan Baru Di Blogspot

Setelah semua proses diatas selesai, berarti Anda sudah berhasil membuat blog di blogger. Kini Anda bisa membuat postingan pertama di blog Anda.

Artikel Terkait:  Ini Dia Beberapa Produk Doremi Agar Anak Bisa Hidup Sehat Dan Bersih

Cara membuat post baru di blogger.com:

Klik pada buat posting baru yang ada di sebelah kiri.
Isi judul postingan blog
Isi dengan teks postingan yang ingin Anda jadikan sebuah artikel
Klik Pratinjau untuk melihat hasil tulisan atau bisa juga langsung
Publis untuk mempublikasikan hasil tulisan Anda

Bingung bagaimana membuat artikel untuk diposting? Baca artikel 5 cara mudah mendapatkan ide menulis postingan blog.

Bagaimana? dengan mudah dan cepat diatas mudah dipahami kan?

Jika dirasa sudah cukup mahir main blog sobat bisa naik level dengan membuat blog di wordpress menggunakan sel hosting cms populer yang digunakan oleh para senior blogger.

Bahkan platform ini begitu diminati oleh para blogger seluruh dunia.

Hal ini dikarenakan buat blog di blogger.com itu gratis alias tidak perlu membayar domain ataupun hosting sendiri kita sudah bisa buat blog gratis dengan subdomain blogspot.

Berbeda halnya jika membuat blog di .org yang harus membeli domain dan hosting.

Begitulah proses Cara Membuat Blogger Blogspot dengan mudah dan cepat cocok bagi pemula.

Silahkan anda pelajari setiap hal tentang tata cara membuat blog dengan mengikuti tata cara atau panduan diatas hingga selesai, dan setelah selesai membuat blog kemudian silahkan lanjutkan dengan rutin membuat artikel untuk di posting.

Cara buat blog di blogger sangatlah mudah untuk dilakukan bahkan bagi seorang pemula sekalipun.

Blogger adalah salah satu platform gratis yang dapat digunakan untuk belajar cara membuat blog pribadi sederhana yang keren atau dapat digunakan juga untuk blog jualan.

, sederhana bukan ? Ada satu lagi, artikel mengenai cara membuat blog di WordPrees. Dan ada baiknya Anda ketahui pula sejarah dan perkembangan blogger.

Demikian artikel mengenai  untuk pemula yang dapat saya uraikan di postingan kali ini dan tunggu postingan-postingan lainnya.

Salam Blogger

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More