✓ Memasang Google Analytics di WordPress, GADWP atau Tanpa Plugin

1 50
72 / 100 Skor SEO

Cara Memasang Analytics di Analytics dapat digunakan secara gratis oleh seorang pemilik untuk menganalisa lalu lintas trafik web. Sebenarnya ada beberapa cara untuk menganalisa jumlah trafic pengunjung blog. Bisa menggunakan layanan tool gratis seperti Histats atau bisa juga dengan menggunakan layanan Analytics.

Cara memasang Google Analytics di website wordpress

Seperti yang kita tahu, fungsi Google Analytics adalah salah satu SEO Tools Gratis dari google yang merupakan alat bantu lalu lintas trafic blog terbaik bagi para webmaster untuk kebutuhan pelacakan statistik . Dengan menggunakan dapat memungkinkan webmaster dan untuk mengamati berbagai data statitik penting dalam mengelola dan mengembangkan atau blog mereka menjadi lebih terarah dan terstrukture. Beberapa fungsi yang mungkin belum banyak orang pahami bisa dipelajari pada salah satu artikel panduan di websiteplanet yang menyajikan secara detail dalam postingan ultimate guide beginners google analytics. https://www.websiteplanet.com/blog/ultimate-beginners-guide-google-analytics/

Dengan mengaplikasikan kode pelacakan di blog Anda, berbagai data statistik penting tentang website atau blog dapat Anda ketahui dengan mudah, meliputi trafik, user, page view, bounce rate, keywords, sumber trafik, dan masih banyak lagi. Meskipun Layanan gratis, namun produk yang dikeluarkan pihak Google ini menyediakan banyak fitur yang bisa dikatakan cukup lengkap.

Artikel Terkait:  5 Langkah Cara Instal WordPress Di Cpanel Hosting

Didalam artikel ini saya tidak menjelaskan langkah-langkah  cara mendaftar serta mendapatkan tracking code Google Analytics, saya anggap Anda sudah mendaftar dan memilik akun Google Analytics dan sudah membuat blog (punya blogg WP) dan tinggal memasang kodenya saja di blog.

Bagi pengguna blog Self Hosted, wajib diketahui cara memasang kode pelacakan Google Analytics di blog dapat dilakukan dengan dua cara. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan plugin google analytics yang bernama Google Analytics Dashboard for WP (GADWP). Sementara itu, cara yang kedua yakni dengan menyisipkan script kode pelacakan pada file header.php dibawah tag .

Dan berikut ini panduan cara instal kode pelacakan Google Analytics di blog WordPress.

dengan plugin

Sebetulnya tanpa saya jelaskan anda pasti tahu karena proses langkah-langkahnya sangatlah mudah.

Artikel Terkait:  Membuat Blog Profesional Dengan WordPress

Instal Google Analytics  Dashboard for WP (GADWP)

Namun, jika Anda menghendaki pemasangan kode pelacakan menggunakan plugin, silakan anda download dan install plugin Google Analytics Dashboard for WP (GADWP) dengan mengunjungi URL berikut: https://wordpress.org/plugins/google-analytics-dashboard-for-wp/
atau bisa juga melalui dasbor wp-admin dengan cara:

1. Login Dasbor Wp Admin
2. Plugin
3. Add new plugin
4. Lalu cari plugin dengan mengetikan kueri Google Analytics  Dashboard for WP (GADWP).
4. Instal

Setelah plugin Google Analytics  Dashboard for WP (GADWP) diinstal anda tinggal aktifkan dan untuk cara menggunakan gadwp dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

Cara Memasang Google Analytics di Website Cms WordPress dengan Kode Pelacakan Secara Manual

Untuk memasang kode pelacakan Google Analytics secara manual anda terlebih dulu perlu mendapatkan kode pelacakan dengan cara mengakses Google Analytics.

Mendapatkan Google Analytics ID Kode Pelacakan

Untuk mengakses Google Analytics dan mendapatkan Google Analytics id atau kode pelacakan agar dapat diterapkan kedalam tema WorddPress caranya ialah;

1. Login ke Google Analytics. 
2. Klik Admin.
3. Di kolom AKUN, gunakan menu untuk memilih akun yang ingin ditambahi properti.
4. Di kolom PROPERTI, pilih Buat properti baru dari menu.
5. Pilih Situs.
6. Masukkan Nama Situs.
7. Masukkan URL Situs.
8. Pilih Kategori Industri.
9. Pilih Zona Waktu Pelaporan.
10. Klik Dapatkan ID Pelacakan.

Artikel Terkait:  Tutorial WordPress: Panduan WordPress Lengkap untuk Pemula

Menerapkan Google Analytics Id Pelacakan di Tema WordPress

Setelah properti dibuat Anda harus menyiapkan kode pelacakan Google Analytics ke WordPress untuk mengumpulkan data dengan cara masuk ke dasbor wp-admin blog WordPress milik anda. Kemudian, Paste script kode pelacakan Google Analytics disana.

Caranya ialah:

1. Masuk ke Dashboard WP
2. Pilih menu Appearance
3. Themes
4. Editor
5. klik file header.php pada bagian kanan jendela halaman web browser Anda.
6. Setelah itu paste script Google Analytics tepat diantara tag <head> </head>.
7. Lalu setelah itu jangan lupa Klik tombol file – SELESAI.

CATATAN:
Sebagian sudah menyediakan kolom khusus untuk instalasi script kode pelacakan Google Analytics pada Theme Options. Untuk mengetahui dan mengecek apakah yang Anda gunakan sudah menyediakan kolom untuk memasukkan script kode pelacakan Google Analytics atau belum, silakan anda masuk ke jendela Theme Options.

Nah, sobat AlviyatuN Blog itulah sedikit ulasan cara memasang Google Analaytics di WordPress yang bisa saya bagikan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More