Cara Pasang Iklan AdSense di Blog AMP WordPress 1

Cara Pasang Iklan AdSense di Blog AMP WordPress

66

Iklan AMP tidak Tayang ? Baca panduan Cara Pasang / Menampilkan iklan AdSense di Amp, blog / template AMP WordPress ini 100% Tayang

Cara memasang iklan adsense di blog amp sebetulnya mudah. Namun, hal ini ternyata banyak sekali blogger-blogger yang mengalami kendala dalam menerapkannya. Bahkan yang menggunakan platform WordPress yang notabene banyak plugin pendukung masih ada saja yang kesulitan. Beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan para blogger misalnya seperti dibawah ini :

Saya sudah pasang kode iklan di blog versi AMP, tapi kenapa iklan AMP tidak muncul ?

Beberapa penyebab kenapa iklan AdSense tidak tayang pada versi AMP diantaranya :

  • Akun Google AdSense masih dalam peninjauan / ditolak
  • Kode iklan AMP tidak diterapkan dengan benar
  • Strukture data Versi AMP error

Lalu bagaimana cara pasang iklan AMP yang pasti iklan Tayang ?

Untungnya bagi pengguna WordPress yang penerapan iklan AMP cukup terbantu dengan adanya plugin AMP yang bisa diterapkan untuk versi AMP blog WordPress. Salah satunya adalah plugin AMPforWp buatan Ahmed kaludi.

Cara pasang iklan adsense di template amp for wp ahmed kaludi ini cukup mudah, namun ternyata masih ada yang belum paham cara memasang iklan AMP di AMPforWp.

Mau tahu bagaiman cara memasang iklan adsense di blog amp menggunakan plugin AMPforWP ? Simak penjelasan dibawah ini :
Jika kamu mau tahu cara pasang iklan di amp wordpress yang menggunakan plugin AMP for WP pastikan kamu sudah instal plugin tersebut. Jika belum, silahkan instal lebih dulu :

Caranya :
Login ke dasbor Wp-admin >> Plugin>> Masukan kata kunci pencarian dalam kolom dan ketikkan frasa AMPforWp.
Setelah itu silahkan instal plugin tersebut dan klik aktifkan plugin.

Setelah plugin terinstal silahkan lanjutkan membaca artikel ini untuk mengetahui cara pasang iklan adsense di amp dengan plugin AMPforWP.

Ada dua cara untuk memasang iklan AMP menggunakan plugin AMPforWP. Cara pertama adalah dengan memasang kode iklan Googke AdSense melalui menu AMP >> Setting >> Advertisment. Dan cara yang kedua yaitu dengan memasang kode iklan otomatis untuk amp yang sudah disediakan oleh Google AdSense. Caranya silakan baca dibawah ini :

Cara pasang Iklan AMP di Blog WordPress plugin AMPforWP

Cara pasang iklan adsense di blog amp bagian atau posisi mana yang ingin diterapkan, itu terserah selera kamu. Mau dibagian sebelum post, bawah judul, iklan bawah artikel atau diatas footer, silahkan tentukan sesuai selera dan kebutuhan. Disini saya hanya mencoba menjelaskannya, jadi jika ingin tahu caranya, silahkan ikuti saja tutorial dibawah ini.

Langkah pertama persiapan untuk memasang iklan AMP, pastikan kamu sudah memasukan skrip AMP yang diperlukan <script async custom-element=”amp-ad” src=”https://cdn.ampproject.org/v0/amp-ad-0.1.js”></script> pada halaman di antara tag <head></head> pada HTML AMP untuk menampilkan iklan AMP.

Langkah selanjutnya, silahkan login ke akun Google AdSense >> iklan >> Unit Iklan >> Salin Kode Iklan yang sudah ada. Jika belum ada silahkan buat lebih dulu.

Contoh kode iklan AdSense biasanya kurang lebih seperti dibawah ini :

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<!-- BANNER -->
<ins class="adsbygoogle"
style="display:inline-block;width:728px;height:90px"
data-ad-client="ca-pub-1234567890123456"
data-ad-slot="1234567890"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Ingat, yang dibutuhkan untuk memasang iklan AMP Ads adalah potongan kode data-ad-client ca-pub-1234567890123456 dan kode unit iklan data-ad-slot “1234567890” saja di plugin AMPforWp.

Terdapat 6 posisi iklan yang bisa digunakan untuk menampilkan iklan adsense amp pada plugin AMPforWp yaitu :

  • AD#1 Dibawah Header (Below the Header, SiteWide)
  • AD#2 Dibawah Footer (Below the Footer, SiteWide)
  • AD#3 Above the Post Content (Sebelum postingan)
  • AD#4 Dibawah artikel (Below the Post Content Single Post)
  • AD#5 Bawah Judul (Below the Title Single Post)
  • AD#6 Diatas Posting Terkait (Above the Related Posts, Single Post)

Selanjutnya buka halaman admin WordPress kamu. Klik AMP >> Setting >> Advertisment >> Advertisment Positions >> Aktifkan Posisi unit ikan yang akan digunakan dengan menggeser tombol slide. Pilih ukuran iklan yang sesuai (disarankan menggunakan ukuran iklan responsive).

Kemudian silahkan masukan kode ca-pub-1234567890123456 milik kamu pada kolom data-ad-client dan kode unit iklan seperti contaoh “1234567890” diatas pada kolom dada-ad-slot. Terakhir klik “SAVE CHANGES” pada bagian bawah. Jika kurang paham, silahkan lihat gambar dibawah.

cara memasang iklan amp sebelum postingan, bawah judul, bawah artikel, dan sebelum footer
cara memasang iklan amp sebelum postingan, bawah judul, bawah artikel, dan sebelum footer

Setelah kode iklan AdSense diterapkan, silahkan tunggu beberapa saat lalu cek tampilan disalah satu postingan versi AMP, apakah iklan versi AMP sudah tampil atau belum. Jika setelah dicek dan ternyata iklan amp tidak muncul silahkan coba cara yang kedua yaitu dengan iklan otomatis untuk amp. Silahkan ikuti langkah dibawah ini :

Cara memasang iklan otomatis untuk AMP for WP

Dengan amp adsense ini anda bisa meningkatkan pendapatan karena penempatan otomatis yang menyesuaikan ruang kosong. Terdapat dua potongan kode iklan yang harus dimasukan kedalam template AMPforWP. Kode pertama adalah potongan kode yang harus dimasukan diantara tag <head>…..</head>. Dan satu lagi potongan script kode iklan yang harus dimasukan kedalam template sebelum tag </body>.

Caranya :

Langkah pertama, silahkan login akun Google AdSense >> Unit Iklan >> Iklan Otomatis AMP. Salin kedua potongan kode iklan otomatis untuk AMP.

Setelah potongan kode iklan disalin, selanjutnya silahkan pasang atau terapkan potongan kode iklan otomatis untuk AMP atau keamp auto ads code dalam kolom yang tersedia pada plugin AMPforWP.

Caranya :

Klik AMP pada menu navigasi sebelah kiri dasbor WP lalu klik AMP >> Setting >> Advance Settings >> letakan kode iklan seperti dibawah

<script async="" custom-element="amp-auto-ads"  data-src="https://cdn.ampproject.org/v0/amp-auto-ads-0.1.js">
</script>

Letakan kode diatas pada kolom ENTER HTML in HEAD. Selanjutnya letakan potongan kode iklan otomatis untuk amp
yang kedua. Kodenya kurang lebih seperti ini

<amp-auto-ads type="adsense"
              data-ad-client="ca-pub-1234567890123456">
</amp-auto-ads>

Keterangan : Ganti kode ca-pub-1234567890123456 dengan ca-pub milik kamu sendiri.

Letakan kode diatas pada kolom bagian ENTER HTML in body. Jika kurang jelas, silahkan lihat contoh pada gambar dibawah. Terakhir jangan lupa ya klik “SAVE CHANGES”. Lihat hasilnya di halaman versi AMP, apakah sudah berhasil atau belum ? Jika iklan AMP tidak muncul juga kemungkinan kamu masih ada terlewat pada langkah-langkah diatas. Silahkan cek kembali, atau kamu mau baca rekomendasi lain tentang masalah iklan AdSense AMP auto-ads tidak tayang, silakan baca di salah satu post blog jasa @SEOsatu. Blog seo satu pasti update duluan.

cara pasang iklan otomatis untuk AMP
cara pasang iklan otomatis untuk AMP

Contoh Tayangan Iklan AMP

Saat membaca artikel ini, mungkin saja kamu penasaran dengan contoh iklan AMP itu tayangannya seperti apa sih ? Untuk contoh tayangan iklan AMP bisa kamu lihat di postingan ini versi AMP.

Disclaimer

Kami tidak menjamin nformasi cara memasang iklan amp di blog yang disajikan blog alviyatun ini memberikan hasil 100% akurat dan kami tidak bertanggung jawab dengan informasi/data yang disajikan melalui dari dari blog ini ke link lain meski sudah berusaha untuk menyempurnakan data serinci mungkin.

www.alviya.com

Cara Pasang Iklan AdSense di Blog AMP WordPress 2

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More