2 Cara Format Flashdisk Yang Tidak Terbaca dan Minta Format Karena Terkena Virus Sampai Bersih

0 302

Cara Format Flashdisk Yang Terkena Virus – Saat kamu baru menyambungkan atau menyolokan ke laptop / komputer, muncul peringatan bahwa minta format. Masalah yang tidak terbaca dan minta format seperti ini sangat mengganggu kamu apabila sedang terburu – buru tapi malah harus format .

Sayangnya, patut disesalkan adalah waktu kamu tidak sengaja menekan tombol kamu, tentu semua file di dalamnya akan hilang padahal saat itu kamu sedang terburu – buru membuka flashdisk karena di dalamnya terdapat file penting.

Oleh karenanya, kamu memerlukan format flashdisk sehingga yang menyarang di dalam flashdisk hilang dan bersih. Hal ini berguna banget di masa yang akan datang flashdisk tidak minta format lagi.

Saya akan memberikan langkah – langkah mengatasi flashdisk yang minta format, dengan catatan kamu harus merelakan semua data penting karena sudah tidak bisa lagi diselematkan.

Jadi, kamu harus memikirkan lebih dalam lagi apakah ingin melanjutkan proses cara menghilangkan virus di flashdisk apa tidak. Jika keputusan kamu udah bulat ingin memformat semua isi flashdisk untuk menghilangkan virus di flashddisk secara permanen, silahkan ikuti tutorial cara format flashdisk terkena virus dibawah ini.

Tapi, sebelum masuk ke tutorial, alangkah baiknya apabila kamu mengetehaui mengapa flashdish minta format, sebagai berikut :

Beberapa masalah pada flashdisk

1. Flashdisk Terkena virus

Tidak bisa dihindari jika flashdisk kamu terkena virus. Soalnya flashdish dipakai setiap hari dan di colokin ke beberapa perangkat PC. Hal itu bisa menjadi penyebab flashdisk terkena virus dan menjangkit ke dalam flashdisk.

2. Kerusakan Hardware

Hardware yang rusak sudah tidak bisa di perbaiki kembali, namun ada hardware yang bisa di perbaiki yaitu bagian penghubung. Nah, jika bagian ini mengalami rusak masih bisa diselamatkan sedangkan kalau memori flashdisk yang rusak, itu sudah tidak bisa dikembalikan lagi.

3. Kesalahan Pada Sistem

Hanya berukuran kecil saja flashdisk mempunyai sistem, sistemnya berfungsi sebagai alat menyimpan dan menghubungkan dengan perangkat komputer dan laptop. Nah ketika sudah ada kesalahan pada sistem ini, flashdisk kamu mengalami error dan tidak terbaca.

Jadi itulah penyebab mengapa flashdisk kamu sering minta format terus – menerus.

Cara Format Flashdisk yang tidak terbaca dan minta format karena terkena Virus

cara format flashdisk

Saat ini, ada dua cara format Flashdisk yang terkena virus sampai bersih yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi persoalan itu. Tidak usah berlama – lama lagi, dibawah ini akan saya jelaskan langkah – langkah cara format flashdisk terkena virus:

1. Format FLashdisk Lewat FIle Explorer

Kalau kamu sedang menancapkan flashdisk maka akan terbaca pada sistem komputer. Kamu bisa melihat penyimpanan flashdisk di file explorer, dimana menu ini sering dipakai untuk mengelola sebuah file di dalam komputer dan laptop.

Biasanya, nama flashdisk secara default local disk F karena sudah ada local disk c sampai e. Namun jika sebelumnya kamu pernah mengganti nama flashdisknya, kamu bisa memilih nama flashdisk sesuai dengan nama sebelumnya.

Kamu harus mengetahui resiko ketika ingin format, resiko tersebut adalah semua file yang berada di dalamnya akan hilang secara permanen. Jadi file tidak dapat dikembalikan lagi. Pastikan kamu tidak membuka file apapun yang ada di dalam flashdisk agar proses berjalan dengan baik. Apabila kamu ingin menggunakan metode ini, ikuti langkah berikut ini.

1. Colokan flashdisk ke perangkat komputer atau laptop.
2. Setelah itu kamu bisa membuka file explorer untuk membaca flashdisk.
3. Klik kanan pada local disk sesuai nama di flashdisk kamu, jangan sampai salah milih karena bisa fatal akibatnya.
4. Setelah itu akan muncul jendela di sampingnya, kamu bisa memilih opsi Format.
5. Nantinya akan muncul pop up konfirmasi “format” apakah kamu ingin memformatnya.
6. Tekan format, kemudian tunggu beberapa saat untuk proses format flashdisk sudah berlangsung dengan sendirinya.

Waktu yang diperlukan untuk memformat flashdisk adalah sesuai dengan berapa banyak file yang ada di dalamnya. Jika banyak dan berukuran sangat besar tentu akan memerlukan waktu yang sangat lama, bahkan sampai berjam – jam (waktu kamu akan terkuras disini, saran saya pinjam flashdisk lain untuk menyalin tugas).

Jadi semudah itulah format menggunakan file explorer. Setelah itu flashdisk kamu dalam kondisi baru dimana tidak ada file maupun virus di dalamnya dan flashdisk kamu menjadi lebih sehat lagi. Baca Juga : Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen

2. Cara Format Flashdisk di CMD

Selain menggunakan cara diatas, kamu bisa menggunakan cara format flashdisk di CMD atau command prompmt. Kamu harus mengetikkan baris setiap line yang menginformasikan kepada sistem untuk melakukan format flashdisk.

Perlu kamu ketahui, kamu tidak bisa mengembalikan file yang sudah di format ya. Jika kamu ingin memakai metode ini silakan simak ulasan berikut.

Berikut ini caranya:

1. Hubungkan flashdisk dengan perangkat laptop/komputer kamu.
2. Kemudian, buka CMD kamu dengan cara tekan start menu.
3. kemudian ketikkan perintah “format” CMD lalu enter.
4. Ketikkan perintah diskpark lalu tekan enter pada keyboard.
5. Lalu kamu bisa ketikkan list disk, tekan enter.
6. Disini kamu tak perlu bingung, biasanya list disk untuk flashdisk berada di paling besar nomornya.
7. Setelah itu ketikkan select disk 3 jika posisi list flashdisk kamu di nomor urut 3.
8. Langkah berikutnya, kamu bisa mengetikkan clean kemudian tekan enter.
8. Ketik lagi list disk pada CMD.

Nah pada saat ini kamu bisa melihat list disk, pasti ada perbedaan dari segi ukuran. Pastinya kalau sudah melakukan clean di CMD tentu terdapat perbedaan pada bagian perintah Free. Sampai disini sudah paham bukan? Jadi, flashdisk kamu sekarang sudah kosong.

Walaupun kosong, namun tetap saja flashdisk mempunyai sistem penyimpanan sendiri yang tidak bisa dihapus walau sudah di format.

Hal ini wajar, kamu tidak perlu melakukan format lagi, dan sekarang flashdisk kamu sudah bebas dari virus dan masalah lainnya.

Nah itulah tutorial mengenai flashdisk minta format ketika disambungkan ke laptop dan komputer. Dengan begitu masalah minta format sudah berhasil di atasi walaupun data – data kamu lenyap, semoga bermanfaat.

Artikel pilihan:

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More