Bisnis Untuk Pelajar SMA

dan setingkatnya banyak sekali macamnya yang bisa dijalankan bahkan ada yang tanpa modal. Sebagai pelajar SMA, kamu harus kreatif supaya bisa mandiri dan tidak selalu mengandalkan uang jajan dari orang tua. Para pelajar SMA pasti ada yang memikirkan bagaimana caranya berbisnis sambil tetap sekolah. Jika kamu punya kreativitas, jeli melihat peluang, serta berani mengambil risiko, sebenarnya banyak yang tepat untuk pelajar SMA dengan modal yang kecil. Karena itu, masa-masa SMA adalah menjadi saat yang tepat bagi pelajar untuk belajar memulai bisnis. Karena pelajar SMA suatu saat nanti akan menghadapi tantangan dunia kerja sehingga akan lebih baik mempersiapkan diri sedari awal.

Bisnis bagi pelajar SMA bukan hanya menambah uang saku, tetapi sebagai modal dan pengalaman yang dapat dijadikan pilihan setelah lulus SMA jika tidak melanjutkan ke jenjang kuliah. Dengan belajar berbisnis, pelajar SMA tak lagi dipusingkan dengan urusan uang jajan dan tidak akan pusing mencari-cari pekerjaan setelah lulus jika tidak lanjut kuliah.

Mengapa harus bisnis? Apakah ada ? Jawabannya, ada! Karena bisnis tidak hanya dapat dilakukan seorang profesional saja, tapi juga dapat di lakukan oleh seorang pelajar SMA sekalipun sebagai sampingan ketika tidak ada tugas sekolah. Tidak percaya? Baca kisah gadis usia 15 tahun, Siswi SMA ini meraup jutaan rupiah dari bisnisnya.

Bisnis apa yang cocok untuk pelajar SMA/SMK? Ada beberapa bisnis yang bisa dijalankan pelajar SMA yang sesuai dengan minat, bakat, dan keterampilan. Didalam artikel ini kami akan memberikan beberapa buat kamu yang ingin belajar mandiri.

Berikut ini kami berikan contoh bisnis untuk pelajar SMA yang bisa mendatangkan keuntungan. Inilah 6 bisnis menjanjikan bagi pelajar SMA.

Iklan

6 Contoh Ide Peluang Usaha / dengan Modal Kecil dan Mudah dijalankan

1. Bisnis Online Melalui Blogging

Biasanya pelajar khususnya pelajar SMA dan SMK di beri tugas untuk membuat blog oleh guru di sekolah. Dari tugas membuat blog ini jika kamu rutin dan mengurusnya dengan baik tugas sekolah ini juga bisa jadi jika tahu caranya. Asal kamu tahu blog bisa jadi bisnis untuk pelajar sma yang menguntungkan. Kegiatan ini layak untuk dijalankan karena jika dijalankan dengan serius aktifitas ngeblog juga bisa menghasilkan bagi pelajar diluar sekolah.

Blog atau website bisa menjadi ladang uang yang bisa memberikan kamu jalan untuk mendapatkan uang tambahan. Dengan memiliki blog berarti kamu sudah memiliki lapak bisnis online sendiri terlebih apabila blog kamu memiliki banyak pengunjung setia. Ada beberapa cara menghasilkan uang dari bisnis online melalui blogging misalnya kamu bisa mendaftar situs program periklanan PPC seperti Google AdSense, memasang iklan mandiri atau membuat review produk berbayar. Uang yang dihasilkan nantinya akan bervariasi.

2. Bisnis Freelance Writer

Contoh Ide Bisnis untuk Pelajar SMA yang Menguntungkan
ilustrasi Freelance Writer

Inilah salah satu peluang bisnis sampingan untuk pelajar SMA yang menguntungkan dengan risiko rendah. Apa itu Freelance Writer? Penulis lepas atau Freelance Writer adalah pekerjaan menulis profesional untuk konten website yang bisa dilakukan siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Kelebihan bisnis Freelance Writer adalah waktu yang flexible karena tidak terikat kontrak dengan perusahaan atau pemilik website yang menggunakan jasa Freelance Writer.

Lalu siapa yang akan membayar hasil tulisan? Pembeli artikel dari bisnis Freelance Writer adalah orang atau perusahaan yang berjalan dalam bidang internet marketer seperti pemilik website bisnis atau pemilik blog. Nantinya pemesan konten akan membayar sejumlah uang penulis dengan tarif yang sudah disepakati bersama.

Untuk nilai besaran uang yang diterima tergantung pada kualitas konten yang dihasilkan. Semakin berkualitas konten yang ditulis semakin tinggi bayarannya. Tapi unuk penulis pemula biasanya tarif yang dipatok mulai dari Rp.5.000,- hingga ratusan ribu tergantung kualitas tulisan.

3. Bisnis Jasa Pembuatan Website/Blog

Biasanya pelajar khususnya pelajar SMA diberi tugas dari sekolah untuk membuat website. Jika kamu perhatikan saat ini banyak website personal/blog terus bermunculan di internet. Ini merupakan peluang yang sangat menguntungkan bagi pelajar SMA yang memiliki sedikit keahlian dalam membuat website dengan cara membuka bisnis jasa pembuatan website/blog. Kamu bisa mulai jasa pembuatan website tarif bawah dengan menggunakan layanan gratis seperti blogspot atau WordPress.com untuk menjalankan bisnis ini.

4. Bisnis Jualan Pulsa

Inilah bisnis yang cocok untuk pelajar SMA yang mudah dikerjakan baik Online dan OFF line. Jangan langsung memikirkan keuntungan besar karena bisnis dengan keutungan besar membutuhkan modal besar pula. Coba dulu dari yang kecil misalnya kamu bisa mulai dengan bisnis jualan pulsa electrik. Jualan pulsa merupakan salah satu yang dapat mendatangkan banyak keuntungan jika dijalankan dengan benar. ini cocok kamu jalankan sebagai langkah awal. Kamu bisa jual pulsa kepada teman-teman dekat kamu, saudara atau tetangga hingga orang jauh sekalipun.

Bisnis usaha jualan pulsa ini cocok untuk pelajar SMA karena tidak membutuhkan terlalu besar modal. Keuntungan dari bisnis usaha jualan pulsa yaitu dapat dijalankan secara offline maupun online melalui internet. Jualan pulsa secara online cukup mudah, kamu bisa menjual dan menawarkan pulsa melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, forum atau bahkan website/blog pribadi. Untuk sistem pembayaran bisa melalui transfer Bank atau menggunakan alat pembayaran online seperti Paypal.

5. Bisnis Makanan Kecil / Snack

Teman-teman sekolah SMA kamu banyak yang suka makanan kecil / Snack? Cobalah cari tahu peluang bisnis makanan untuk pelajar SMA di sekolah kamu. Makanan kecil / Snack apa yang lagi hits di tempat kamu. Selanjutnya, coba grosir beberapa snack yang sedang populer dan banyak disukai teman-teman kamu dan tentukan harga jual beli agar sesuai. Jika kamu menjalankannya dengan benar, bisnis makanan kecil ini bisa memberikan keuntungan yang lumayan untuk para pelajar SMA yang ingin belajar mencari uang jajan sendiri. Bisnis makanan ini sangat cocok sekali buat kamu yang masih sekolah tapi ingin mendapatkan uang saku tambahan.

6. Dapatkan Keuntungan dari Bisnis Dropship

6 Contoh Ide Bisnis untuk Pelajar SMA yang Menguntungkan
Ilustrasi Bisnis DropShip Online Shop

Selanjutnya adalah menjual barang fisik milik orang lain dengan tanpa stok atau biasa disebut Dropship. Apa itu DropShip? Drop Shipping atau lebih dikenal DropShip adalah sistem berjualan produk di mana kamu tidak perlu stock barang. Dropship ini bisa jadi peluang bisnis untuk pelajar SMA yang memberi keuntungan cukup besar jika tahu caranya. Bagi kamu pelajar yang ingin mencari penghasilan tambahan diluar kegiatan sekolah.

Ini bisa dijadikan alternatif untuk kalian para pelajar SMA yang ingin mendapatkan uang tambahan diluar kegiatan sekolah. Konsepnya adalah kamu cukup jalin kerjasama dengan pemilik produk, lalu kamu menawarkan produk mereka ke calon pembeli dengan harga yang sudah kamu tentukan lebih tinggi dari harga aslinya dan jika ada pesanan masuk kamu cukup mengirimkan rincian pesanan pembeli serta rincian pengiriman ke produsen, supplier, pengecer lain, atau grosir, yang sudah kamu ajak kerjasama kemudian pemilik barang mengirimkan barang langsung kepada pembeli. 

Tertarik untuk memulai bisnis? Tapi sebelum memulai usaha ada baiknya mengetahui lebih dulu berikut:

Tips untuk Pelajar SMA yang ingin memulai Bisnis

1. Pilih bisnis yang tidak menggangu waktu belajar kegiatan sekolah

Tentu tahapan awal yang harus dilakukan oleh pelajar adalah memilih jenis bisnis yang tidak menggangu waktu belajar maupun kegiatan sekolah. Ambil peluang bisnis untuk pelajar SMA yang tidak mengganggu waktu belajar dan usahakan yang sekiranya cocok dengan passion agar lebih mudah menjalankannya.

Saat ini media online sudah sangat banyak membantu pengguna internet termasuk para pelajar untuk mencari informasi yang diperlukan. Tentunya ini bisa dimanfaatkan bagi siswa / pelajar untuk memulai mencari ide bisnis yang cocok untuk pelajar SMA sebelum mulai terjun dalam dunia bisnis. Dengan begitu akan lebih mudah untuk memilih jenis usaha yang dapat disesuaikan dengan waktu belajar dan tidak mengganggu kegiatan di sekolah.

2. Mulai pelajari cara berbisnis

Langkah berikutnya tentunya mempelajari cara berbisnis dengan benar dan menentukan langkah-langkah yang tepat agar nantinya usaha yang dijalankan bisa menjadi sumber penghasilan yang memberikan keuntungan. Cari ide yang sekiranya menjalankannya tanpa harus menguras tenaga dan pikiran yang dapat mengganggu kegiatan sekolah.

Itulah 6 contoh ide peluang usaha / bisnis untuk pelajar SMA yang menguntungkan dengan modal kecil yang mudah dijalankan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More