5 Bangunan Bersejarah Di Semarang Yang Wajib Dikunjungi

0 51

Bersejarah Di Yang Wajib Dikunjungi – Saat ini tengah terjadi situasi dimana kita di anjurkan untuk tetap di rumah selama wabah virus COVID-19 melanda. Hal ini bahkan membuat beberapa tempat wisata di Jakarta tutup karena Coronavirus (Covid-19). Lalu bagaimana nanti jika setelah masa-masa sulit ini berlalu, apakah ingin tetap di rumah atau ingin melepas jenuh dengan mengunjungi tempat menarik? Berikut ini 5 tempat bangunan bersejarah di Semarang yang bisa jadi pilihan.

Semarang merupakan ibukota provinsi yang menyimpan keindahan alam yang tak kalah bagusnya dengan daerah lainnya di Indonesia. Kota dengan julukan Venetië van Java ini menyimpan begitu banyak lokasi wisata yang layak untuk dikunjungi, seperti wisata alam, religi, , hingga budaya.

Ada banyak bangunan bersejarah di Semarang yang bisa jadi objek wisata menarik untuk anda kunjungi jika berlibur kesana. Salah satunya adalah wisata bersejarah dengan bangunan indah yang penuh dengan catatan sejarahnya.

Apa saja 5 bangunan bersejarah di Semarang, berikut informasinya :

1. Lawang Sewu

bangunan bersejarah di Semarang
Baca juga: lahirnya bangunan bersejarah lawang sewu.

Lawang Sewu merupakan gedung bersejarah milik di Semarang yang awalnya digunakan sebagai Kantor Pusat perusahaan kereta api swasta Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NISM). Gedung Lawang Sewu ini dibangun secara bertahap di atas lahan seluas 18.232 m2.

Saat ini Gedung Lawang Sewu dimanfaatkan sebagai museum yang menyajikan beragam koleksi dari masa ke masa tentang perkeretaapian di Indonesia. Selain itu Gedung Lawang Sewu juga dapat disewa untuk berbagai kegiatan seperti Pameran, Ruang Pertemuan, Pesta Pernikahan, Festival Pemotretan, Shooting, Bazar, Pentas Seni, Workshop dan sebagainya.

Lokasi : Jl. Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

2. Klenteng Sam Poo Kong

bangunan bersejarah di Semarang
Sumber foto: filckr.com

Klenteng Sam Poo Kong merupakan bangunan tua yang ada di Semarang dengan menawarkan keindahan dari sebuah aritek bangunannya yang benar-benar mengaggumkan dan eksotis.

Sebelum menjadi Klenteng Sam Poo Kong nama dari objek wisata ini adalah Gedung batu. Dimana, disinilah kita bisa menikmati kisah Laksamana Zheng atau ceng ho yang ternyata memeluk agama Islam. Penamaan dari Gedung Batu sendiri dilatar belakangi dari bentuk bangunan yang seperti Goa dan berbetuk besar dengan lokasi yang terletak di Bukit Batu.

Lokasi : Jl. Simongan No.129, Bongsari kota Semarang

3. Masjid Agung Jawa Tengah

bangunan bersejarah di Semarang
sumber foto flickr.com/Siska Maria Eviline

Kemegahan Mesjid Agung Jawa Tengah ini sudah terkenal seanterio negeri ini. Masjid megah dengan perpaduan arsitektur Jawa, Roma, dan Arab ini menjadikannya sebagai simbol wisata religi bagi masyarakat Semarang dan Jawa Tengah.

Mesjid ini dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti perpustakaan, auditorium, ruang akad nikah, serta museum perkembangan Islam, penginapan dan kafe di bagian Menara Asmaul Husna. Wisatawan bisa bersantai di kafe yang terdapat di lantai 18 Masjid ini, sambil menikmati makanan khas Semarang serta merasakan putaran perlahan yang  memberikan sensasi tersendiri bagi pengunjungnya.

Lokasi : Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Kec. Gayamsari, Kota Semarang

4. GPIB Immanuel Semarang

bangunan bersejarah di Semarang

GPIB atau disebut dengan nama Gereja Blenduk Semarang merupakan gereja yang dibangun pada 1753 ini merupakan salah satu landmark di kota lama. Gedung yang bergaya Neo-Klasik ini memiliki 2 lantai dan masih dipergunakan untuk peribadatan setiap hari Minggu.

Selain itu, bangunan kuno ini juga sering menjadi salah satu tempat untuk foto-foto Pre Wedding dan wisata bersejarah yang ramai dikunjugi oleh wisatawan.

Lokasi : Jl. Letjen Suprapto No.32, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang.

5. Pagoda Avalokitesvara

bangunan bersejarah di Semarang
Source: wikipedia

Pagoda Avalokitesvara merupakan salah satu bangunan kuno yang dibangun pada 1955. Bangunan ini memiliki tinggi sekitar 45 meter, yang terdiri dari tujuh tingkat. Tiap tingkatan terdapat empat buah patung Dewi Kwan Im yang menghadap empat penjuru mata angin.

Pagoda Avalokitesvara menjadi salah satu tempat spot foto yang menarik bagi wisatawan. Wisatawan juga dapat melihat patung Sidharta Gautama duduk dibawah pohon Bodhi yang rindang pada pelataran pagoda, sedangkan di area belakang terdapat patung Budha tertidur berwarna cokelat dengan pakaian dan tubuh berwarna emas.

Lokasi : Jl. Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Kec. Banyumanik, Kota Semarang

Nah, itulah 5 bangunan bersejarah di Semarang yang wajib untuk anda kunjungi jika berlibur kesana. Untuk mengunjungi bangunan-bangunan bersejarah tersebut, anda bisa menyewa armada bus atau kendaraan lainnya dari perusahaan travel setempat. Ada banyak jasa sewa bus Semarang yang bisa anda gunakan untuk membawa anda mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Artikel pilihan:

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More