Android Device Manager, Cara Menemukan Smartphone Android yang Hilang

18

Android Device Manager adalah aplikasi layanan gratis untuk melacak dan menemukan smartphone android yang hilang. Cara yang sederhana cukup dengan buka web browser secara online atau menggunakan aplikasi device manager for Android yang tersedia di Google Play, sign in dengan akun email Google lalu cari location history smartphone dan temukan hp kesayangan yang hilang. Fitur ini juga mampu melacak smartphone android yang hilang menggunakan imei yang ada pada smartphone.

Tentang Android Device  Manager?

Android Device Manager

Android Device Manager adalah layanan gratis dari google yang merupakan fitur untuk membantu melacak dan menemukan lokasi keberadaan Smartphone android yang hilang atau dicuri. Layanan ini mirip dengan Find My Device milik iOS yang dapat menemukan lokasi Smartphone android yang hilang. Samsung yang menyediakan Find Device, atau Oppo yang memiliki pelacak device, dan khusus bagi para pengguna Android bisa memanfaatkan aplikasi bernama Android Device Manager (ADM) untuk menemukan smartphone android yang hilang. Namun Android Device Manager tidak bisa melakukan beberapa hal seperti :

  • Mengendalikan smartphone dari jarak jauh.
  • Melacak Smartphone dalam keadaan mati.
  • Mengambil data Smartphone yang hilang.
  • Mencari Smartphone yang sudah direset pengaturan pabrik.

Fitur Lengkap Android Device Manager

1. Menemukan lokasi Smartphone dan menghubungkannya ke akun Google

Android Device Manager

Seperti yang dijelaskan diawal, fitur ini memungkinkan kita untuk melacak dan menemukan lokasi smartphone dan menghubungkannya ke akun google, dimana letak smartphone berada dengan memanfaatkan location history. Fitur ini bekerja dengan GPS yang terdapat pada smartphone Android untuk menampilkan lokasi smartphone android. Jadi GPS akan menampilkan location history android device, sehingga kita dapat melacak posisi terakhir smartphone android yang hilang, dicuri orang lain, atau tertinggal karena lupa naruh.

2. Me-reset pin screen lock smartphone dan menguncinya

Android Device Manager

Fitur ini berguna untuk mengamankan data smartphone android yang hilang agar tidak dapat digunakan si pencuri dengan cara me-reset pin screen lock smartphone dari jauh. Sehingga hp yang hilang atau dicuri orang lain tidak dapat digunakan.

3. Membunyikan Nada Smartphone Bahkan dalam Mode Silent

Android Device Manager

Fitur ini berfungsi untuk membunyikan nada dering smartphone yang hilang bahkan jika itu dalam mode silent. Sehingga jika smartphone letaknya dekat dapat terdengar dan bisa ditemukan.

4. Menghapus semua data yang ada di smartphone Android

Android Device Manager

Fitur yang terakhir ini akan sangat menolong apabila smartphone terpaksa jatuh ke tangan yang tidak bertanggungjawab. Fitur erase data ini dapat mencegah si pencuri smartphone menggunakan data-data, file atau identitas yang tersimpan dengan cara menghapus semua data di smartphone yang hilang tadi.

Cara menggunakan Android Device Manager Untuk Melacak Hp yang Hilang

Siapapun pasti tidak ingin kehilangan smartphone kesayangannya. Namun, bagaimana bila jika hal itu benar-benar terjadi, hp kamu hilang atau dicuri dan tidak diketahui berada dimana? Dengan Android Device manager, melacak hp hilang akan lebih mudah dilakukan.

Untuk menggunakan layanan android device manager pastikan smartphone dalam keadaan hidup dan status online alias terhubung dengan jaringan Internet, karena seperti yang saya sebutkan diatas, layanan ini tidak dapat melacak smartphone dalam keadaan mati, karena Google membutuhkan koneksi Internet untuk menampilkan location history smartphone berada. Namun jika ternyata smartphone dalam keadaan mati dan tidak terhubung ke jaringan Internet, maka begitu smartphone menyala dan status jaringan menjadi online, Google secara otomatis akan langsung mengunci smartphone begitu jaringan internet pada smartphone terhubung.

1. Melalui Web Browser / Online

Android Device Manager

Langkah awal, silahkan search Android Device Manager menggunakan web browser pencarian miliki kamu atau biar lebih mudah silahkan klik disini, Selanjutnya masuk ke  Akun Google menggunakan Email yang terhubung dengan smartphone yang hilang.

Setelah berhasil sign in / login kedalam android device manager dengan email akun Google maka akan muncul tampilan seperti diatas dan disitu kamu akan melihat lokasi Smartphone kamu yang ingin kamu cari dan terdapat beberapa pilihan seperti yang saya jelaskan diatas tadi.

2. Dengan Aplikasi di Google Play

Android Device Manager

Langkah pertama buka Google Play Store dulu lalu cari aplikasinya disana kemudian kamu Install Android Device Manager dan buka aplikasinya.

Selanjutnya Login / Sign in menggunakan email Akun Google.

Android Device Manager

Setelah berhasil logn in maka akan muncul tampilan maps serta perintah pilihan seperti di gambar dibawah, kurang kebih mirip dengan tampilan di web browser.

Android Device Manager

Meskipun tidak mengalami kehilangan smartphone android kesayangan. Namun, alangkah baiknya bila mengantisipasinya lebih dulu dengan mengetahui cara menemukan smartphone yang hilang diatas bukan ?!.

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More