7 Langkah Cuci Tangan yang Baik dan Benar

16

Langkah cuci tangan yang baik dan benar merupakan hal penting karena dalam menjaga kesehatan tidak cukup hanya dengan mandi dengan teratur, tidur yang cukup dan berolah raga. Akan tetapi yang patut diperhatikan juga adalah langkah mencuci tangan. Sebab, kebanyakan orang memandang cuci tangan adalah hal sepele. Apabila anda menggosok tangan dengan air saja tanpa menggunakan sabun, akan menyebabkan kuman-kuman di tangan anda masih menempel. Sebelum kita membahas tentang langkah cuci tangan sebaiknya kita perlu mengetahui beberapa hal seperti  :

  • Mengapa kita harus mencuci tangan
  • Apa dampak dari tidak mencuci tangan?
  • Kapan waktu yang tepat untuk mencuci tangan?
  • Bagaimana cara mencuci tangan yang benar?

Mengapa Harus Mencuci Tangan?

Mengapa anda harus mencuci tangan? Jawabannya karena tangan merupakan anggota tubuh yang paling sering digunakan dalam aktifitas kita seperti berjabat tangan dengan orang lain, makan, mencuci piring, menulis, dan lain sebagainya. Apabila anda telah mencucinya tanpa menggunakan sabun maka tetap saja akan masih banyak kuman yang menempel akan tetapi tidak terlihat oleh kasat mata. Maka anda patut mengetahui langkah cuci tangan yang baik dan benar. Apabila anda jarang mencuci tangan maka kuman, bakteri, dan virus yang menempel di tangan anda itu bisa masuk melalui makanan dan bisa membuat  anda terkena flu dan penyakit lainnya.

Lalu Apa Dampaknya Jika Jarang Cuci Tangan?

Ada beberapa dampak yang diakibatkan oleh jarangnya anda mencuci tangan yaitu bisa terkena penyakit diare, cacingan, ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut), hingga penyakit yang menyebabkan kematian seperti SARS, flu burung (H5N1), dan flu babi (H1N1). Tidak hanya itu, bakteri yang masih menempel ditangan anda itu bisa menyebabkan radang tenggorokan, amandel, gangguan saluran pernafasan berupa asma, sakit perut, dan flu.

Inilah beberapa dampak apabila jarang cuci tangan dan tidak tahu langkah cuci tangan yang baik dan benar. Oleh karena itu, anda harus mengetahuinya dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari agar dapat terhindar dari ancaman penyakit yang berbahaya bagi kesehatan anda.

Kapan Kita Harus Mencuci Tangan?

  • Sebelum dan sesudah makan
  • Sebelum dan sesudah mengolah bahan makanan
  • Setelah buang air besar dan air kecil
  • Setelah menyentuh binatang
  • Setelah memegang benda/fasilitas umum

Apa Sajakah Syarat Dalam Mencuci Tangan?

Syarat yang utama adalah menggunakan air yang mengalir. Penting untuk menggunakan air yang mengalir agar kotoran atau kuman yang menempel di tangan ikut terbawa air yang mengalir. Apabila anda mencuci tangan menggunakan gayung, sama saja menimbun dan mencampur bakteri yang menempel di tangan anda.

Syarat yang kedua adalah menggunakan sabun. Hal ini merupakan langkah cuci tangan yang baik dan benar, agar kuman dan bakteri betul-betul hilang dan tersingkirkan. Sebab, sabun mengandung zat yang dapat membantu membersihkan kuman dan kotoran yang menempel pada tangan.

Langkah Cuci Tangan Yang Baik Dan Benar

Langkah Cuci Tangan yang Baik dan Benar
  1. Langkah paling pertama adalah membasahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan dangan menggunakan air yang mengalir, lalu mengusap dan menggosokkan sabun pada kedua telapak tangan dengan lembut.
  2. Usap dan gosoklah kedua punggung tangan anda juga secara bergantian.
  3. Gosok jari tangan anda dan menyela-nyelanya secara bergantian hingga bersih.
  4. Bersihkan juga ujung jari tangan anda secara bergantian dengan cara mengatupkannya.
  5. Putar kedua ibu jari tangan secara bergantian dan menggosoknya dengan lembut.
  6. Letakkan ujung jari anda ke telapak tangan lalu gosoklah secara perlahan.
  7. Bersihkan kedua pergelangan tangan dengan cara memutarnya dan lakukan bergantian lalu diakhiri dengan membilas seluruh jari tangan dengan air bersih yang mengalir kemudian keringkan memakai handuk atau tisu.

Perlu diingat bahwa meskipun mencuci kedua tangan dan anggota tubuh lainnya bisa dengan menggunakan sabun batang dan sabun cair, akan tetapi menggunakan sabun cair jauh lebih baik dan lebih aman.

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More