6 Hal Penyebab Cepat Rusaknya Printer 1

6 Hal Penyebab Cepat Rusaknya Printer

0 21

Penyebab printer cepat rusak – Perangkat keras yang merupakan pelengkap komputer yang memiliki fungsi untuk mencetak adalah printer. Dengan menggunakan printer ini maka kamu bisa mencetak apapun hasil pekerjaan kamu yang berada didalam komputer seperti pembuatan dokumen di office word, office excel, foto yang merupakan hasil olahan Photoshop, dan yang lain sebagainya.

Kamu perlu mengetahui hal hal yang bisa menyebabkan printer cepat rusak sehingga nantinya akan mengetahui service printer supaya tetap awet umurnya dan tetap terjaga kualitas cetakannya. Bukan rahasia lagi jika perangkat printer yang paling sering rusak dan bermasalah pada bagian catridge dan printheadnya.Selain kedua komponen tersebut, maka komponen yang lainnya dirasa jarang sekali memiliki masalah.

Lalu apa saja yang bisa menyebabkan printer cepat rusak?

Berikut 6 hal penyebab printer cepat rusak diantaranya yaitu :

Tidak Terpasang Dengan Benar Catridgenya

Printer akan macet dan tidak mau bekerja pada saat catridgenya tidak terpasang dengan benar. Untuk mengatasinya cobalah untuk membuka catridgenya dan kembali memasangnya, dan pastikan jika catridgenya telah terpasang dengan benar.

Catridge Kotor – Head Cleaning

Jika cetakan hasilnya bergaris atau putus putus maka penyebabnya adalah karena kotor catridgenya.Untuk mengatasi masalah ini cobalah untuk melakukan head cleaning terlebih dahulu.Cara untuk membersihkan catridgenya adalah dengan menjalankan aplikasi maintenance printer pada komputer, kemudian klik head cleaning.

Head cleaning ini dilakukan dua atau tiga kali, kemudian periksa hasilnya.Jika belum teratasinya masalah ini cobalah untuk melepaskan catridge dari printer, lalu lakukanlah pembersihan head catridge ini secara manual dengan menggunakan tisu bersih untuk mengelapnya.

Tintanya Kering

Lubang penyemprotan tinta pada head catridge akan tersumbat jika tintanya kering. Sehingga printer akan macet dan gagal pada saat mencetak dokumen. Untuk mengatasi masalah ini cobalah untuk melakukan deep cleaning terlebih dahulu, atau juga bisa mengatasinya dengan cara manual.

Jika akan menggunakan cara manual untuk mengatasinya maka lepaskan catridge dari printernya. Tetapi harus berhati hati, jangan sampai bagian chip pada catridgenya tersentuh.

Catridge Tidak Terdeteksi Atau Rusak

Jika catridge tidak terdeteksi meski telah dilakukannya pembersihan maka kemungkinannya catridge telah mengalami kerusakan.Untuk mengatasi masalah ini maka caranya adalah dengan mengganti catridgenya yang baru.

Printer Melampaui Batas Pencetakan Atau Harus Direset

Printer memiliki batas jumlah pencetakan, dimana batas jumlah pencetakannya itu telah disetting oleh produsen printer tersebut dengan beberapa alasan. Jika telah dilaluinya batas yang telah ditentukan maka printer akan macet dan tidak akan mau lagi mencetak.

Untuk mengatasi masalah ini cobalah untuk melakukan riset printer dengan menggunakan software resetter yang telah banyak disediakan oleh internet.

Printer Tidak Pernah Dipakai

Apapun alasannya terlalu lama menyimpan printer dan tidak memakainya maka merupakan salah satu penyebab cepat rusaknya printer tersebut. Terlebih jika kita memiliki anggapan menyimpan printer dalam jangka waktu yang lama dan tidak menggunakannya maka akan membuat printer tersebut awet, padahal anggapan tersebut sangatlah salah besar.

Karena jika sebelumnya printer tersebut digunakan kemudian disimpan tidak digunakan untuk jangka waktun yang cukup lama maka akan terjadinya pembekuan pada tinta yang berada pada bagian ujung catridge atau printheadnya.

Itulah 6 hal penyebab cepat rusaknya printer. Jika printer terlanjur sudah rusak maka akan dibutuhkannya jasa service printer, sehingga nantinya printer akan berfungsi lagi dengan baik.

6 Hal Penyebab Cepat Rusaknya Printer 2

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More